Goresan Tinta untuk KLIP

PERPUSTAKAAN KELILING


Pagi ini pukul 10.00 Wib, Fatir (6y) dan si kembar (4y) sedang bermain di teras dan di halaman. Tiba-tiba Fatir berteriak dengan antusias, “Bunda, ada mobil yang jual buku lewat.” Aku tersenyum sambil meralat, “ Itu mobil Perpustakaan Keliling namanya.”

Fatir penasaran sekali dan mengajak bunda serta si kembar untuk melihat Perpustakaan Keliling yang parkir di pekarangan Sekolah Dasar yang berada tak jauh dari rumahku.

Tak sampai 5 menit kami berempat tiba di pekarangan SD, kami menjumpai pak supirnya, sedangkan 2 pegawai Perpustakaan Keliling nampak turun memasuki ruangan sekolah. Lalu aku menyampaikan kepada pak Supir tentang keingintahuan anak-anak dengan isi mobilnya. Pak Supir  yang ramah menjelaskan bahwa yang bisa meminjam adalah murid sekolah dan warga umum bisa meminjam langsung ke kantor Perpustakaan Daerah Kabupaten Limapuluh Kota yang berada di belakang Kantor Camat Harau.

Pak Supir membuka penutup mobil Perpustakaan Keliling dan nampaklah susunan buku-buku yang kebanyakan kulihat adalah koleksi terbaru. Kami meminta izin untuk melihat-lihat buku yang ada disana dan pak Supir mempersilahkan kami untuk membaca buku yang sudah dipilih barusan, lalu kami duduk di teras sekolah.

Kami memilih buku bergambar dengan judul Musim Hujan. Aku membacakan dengan suara keras  atau read aloud dengan menggunakan intonasi yang berbeda-beda. Tak berapa lama saat aku membaca buku, tiba-tiba murid-murid SD sudah mengelilingiku ikut mendengarkan cerita. Wah...rupanya mereka juga tertarik mendengarkan padahal ada yang sudah besar dan sudah bisa membaca sendiri.

Sayang sekali, ‘kemesraan’ bercerita harus disudahi dulu karena Perpustakaan Keliling akan berangkat  ke sekolah selanjutnya. Semoga dilain waktu kita diberi kesempatan oleh Allah untuk baca buku lagi di di Perpustakaan Keliling. Syukur syukur nanti bisa mengunjungi kantor pusat Perpustakaan Daerah. Aamiin… 😊


#KLIP
#KelasLiterasiIbuProfesional
#D2Apr

Comments

Popular Posts