Bincang Seru

"Selalu penuh semangat dan menenangkan," begitulah kesan yang kudapat setelah untuk ketiga kalinya bisa bertemu langsung dengan founder dan inisiator Ibu Profesional ibu Septi Peni Wulandani serta pak Dodik Mariyanto.

Ibu Profesional Payakumbuh-LK mengadakan event BINCANG SERU dengan tema "Membangun Kekuatan A Home Team Menghadapi Era 4.0" pada hari Minggu, 5 Januari 2020 bertempat di Aula Rumah Dinas Walikota Payakumbuh sebagai acara puncak Milad Ibu Profesional Payakumbuh-LK.

Event ini didukung sepenuhnya oleh ibu Henny Yusnita Zubir beserta bapak Riza Falepi yang telah menyediakan tempat, snack dan makan siang untuk panitia dan peserta. Tabaarakallah bu, pak ...

Seperti biasa setiap event yang diangkat oleh Ibu Profesional selalu zero waste yaitu minim sampah. Setiap peserta membawa wadah snack dan botol minum serta tersedia air isi ulang di galon yang bisa diambil sewaktu-waktu. Peserta juga mendapatkan masing-masing satu goodie bag yang terbuat dari pakaian yang tidak terpakai lagi hasil karya Rumah Belajar (Rumbel) Craft and Recycle Ibu Profesional Payakumbuh-LK. 

Bincang Seru ini disponsori oleh Resha Catering, Jarimatika Payakumbuh, Rendang Sulaiman, BoGor by Niki Martini, KaTo (Kampuang Tobing), Erina, Safasindo FM, Rumah Qur'an Asri dan Asri Group.

Dalam Bincang Seru ini banyak pencerahan yang didapat dari ibu Septi dan pak Dodik. Dalam menghadapi era 4.0 ini, poin pertama adalah pondasi harus dikuatkan terlebih dahulu  yaitu Adab Sebelum Ilmu. Adab itu dicontohkan, bukan diajarkan. Anak-anak bisa salah mengerti dengan ucapan kita orang tuanya tetapi anak tidak pernah salah mencontoh. Saat anak ingin bertanggungjawab, jangan dihalangi. Kenalkan anak pada resiko dari segala sesuatu tindakannya. Setiap keputusan ada resiko gagal atau berhasil. Dan ingatlah bahwa respon ayah bunda akan menentukan hasilnya. Saat anak menghadapi situasi yang sulit, jika kita tidak bisa memudahkan maka diam adalah solusi terbaik. Beri anak kesempatan untuk menggunakan segala kemampuannya.

Beri anak-anak kepercayaan tetapi iringi dengan pondasi dan pembuktian. Bukti akan kelihatan:
1. Dengan mengukurnya. 
    Dalam melakukan pengukuran hasil ujian tertulis tidak bisa menjamin. Pengukuran lebih bisa dilakukan dengan presentasi secara lisan dan dengan melakukan project.
2. Adanya feedback.
    Bersahabatlah dengan sahabatnya anak-anak kita maka kita akan mendapatkan direct and indirect feedback. 3. Ujian yang datang secara tiba-tiba.
    Dengan melihat respon anak terhadap ujian yang datang secara tiba-tiba. Jika anak berhasil melewatinya dengan baik maka ini bisa meningkatkan kepercayaan kita terhadap anak.

Setelah sholat dan makan siang, masuklah ke sesi tanya-jawab. Beberapa kesimpulan yang saya ambil tertulis di bawah ini.

Dalam menghadapi era 4.0 ini terapkan saja 'mantra' Ibu Profesional berikut yaitu:
1. Main bareng
2. Ngobrol bareng
3. Beraktivitas bareng.

Ada sebuah kesalahpahaman terhadap makna enterpreneur. Enterpreneur itu adalah merdeka, tidak bergantung pada orang lain. Dasar latihan dari enterpreneur ini adalah Latihan Kemandirian, bukan Market Day atau Jualan. Adalah suatu kesalahan membuat anak mandiri finansial terlalu dini tanpa anak paham dulu apa makna enterpreneur itu terlebih dahulu. Tidak ada keharusan semua orang menjadi enterpreneur dan tak ada salahnya menjadi interpreneur tetapi jadilah interpreneur yang merdeka dan ikut menentukan kebijakan.

Begitulah sekelumit ilmu yang bisa saya tuliskan. Masih banyak lagi yang tidak tertuliskan dalam kata-kata. Dengan mengikuti secara langsung, lebih banyak ilmunya dari sekedar yang tertulis ini.

Ada yang menarik dalam sesi tanya-jawab ini, ada keharuan yang muncul saat beberapa penanya menyampaikan tantangan kehidupannya. Kesemuanya dijawab dengan apik dan mencerahkan oleh ibu Septi dan pak Dodik.

Acara kemudian ditutup dengan pemberian doorprize dengan berbagai kategori yaitu:
1. Peserta yang sudah memberikan pertanyaan dan respon
2. Peserta yang paling duluan hadir
3. Peserta yang bisa menjawab pertanyaan
Seperti biasa ditutup dengan sesi foto bersama.

Tetapi tunggu dulu, masih ada acara selanjutnya khusus untuk member Ibu Profesional yang hadir. Wisuda kelas Bunda Sayang IIP Batch 4, wisuda kelas Bunda Sayang Leader IIP Batch 3, penyambutan New Member IP Payakumbuh-LK serta wisuda peserta rumbel Tahsin.

Wisudawati Bunsay 4 diwakili oleh Yulia Isnardti dan Lindawati. Wisudawati Bunsay Leader 3 adalah diri ini sendiri Alisa Gumala. ^_^  Alhamdulillah beroleh apresiasi sebagai Mahasiswi Teladan Bunsay Leader 3. Didampingi oleh suami sebagai pemberi support dalam setiap perkuliahan, bahagia sekali bisa diwisuda langsung oleh ibu Septi.

Selanjutnya penyambutan new member diwakili oleh Vivia Wirna serta wisudawati rumbel tahsin dengan uni Putri Kunanti dan uni  Fitri Nefrita sebagai wisudawati yang sudah menyelesaikan talaqqi juz 30. Tabaarakallah...

Sesi terakhir adalah bincang seru dalam suasana santai dan akrab mengenai dinamika Ibu Profesional di Payakumbuh  Limapuluh Kota. Kami mendapatkan berbagai pencerahan dari Ibu dan Bapak. Dan tak lupa foto-foto lagi hehehe...

Selanjutnya Bapak dan Ibu ingin berkunjung ke basecamp KaTo dan Galery Art. Beberapa member yang masih punya keluangan waktu, ikut menemani beliau berdua. Suami menjemput anak-anak yang sudah ditinggal dari tadi pagi dan ikut serta berkunjung ke KaTo.

KaTo mempunyai perpustakaan dan ada program Perpustakaan Keliling. Disini juga dipajang hasil karya senirupa Romi Konti adik kandung ni Bet pencetus IP Payakumbuh-LK. MasyaAllah... Keren-keren hasil karyanya. Kami juga dijamu dengan kelapa muda segar, lemang, durian serta berbagai cemilan dan buah-buahan. Serasa pesta kebun saja karena hidangan disajikan di ruang terbuka yang dikelilingi kebun-kebun.

Menjelang magrib kami meninggalkan KaTo. Ni Bet, ni Putri, ni Lia dan ni Linda ikut mengantarkan  ibu dan bapak kembali  ke penginapan sedangkan kami sekeluarga pulang ke rumah.

Alhamdulillah atas hari yang luar biasa, banyak ilmu dan hikmah yang didapat. Semoga berkah dan menjadi penyemangat bagi kami. Sehat dan berkah selalu hidupnya ya Bu, Pak.


#MiladIPPayakumbuhLK
#IbuProfesional
#AHomeTeam
#AAFamily

Comments

Popular Posts