Remedial Level 1 Bunsay 5

YOU WIN, I WIN
Everyone Happy


Ini adalah materi pertama di perkuliahan Bunda Sayang Institut Ibu Profesional. Dan sekarang diri ini berkesempatan untuk meremedial lagi materi ini dengan mendampingi teman-teman pembelajar di kelas Bunsay #5 Sumatera 1 sebagai Fasilitator.

Sudah bertekad untuk ikut mempraktekkan dan menuliskan lagi walau mungkin tidak setiap hari (rapelan) ilmu yang pertama kali dipelajari di perkuliahan BunSay hampir 2 tahun yang lewat. Poin yang saya latih kali ini yaitu “intonasi suara dan gunakan suara ramah, mengendalikan emosi, menunjukkan empati dan ganti perintah dengan pilihan.”

Pagi ini Keisha bangun cepat tetapi tidak mau langsung mandi. Bunda dengan beberapa to do list yang terbengkalai karena beberapa hari ini si ayah bergantian sakit dengan si kembar, mulai gemes sama si Putri satu-satunya ini. Keisha beralasan tidak bisa mandi sendiri karena kakinya luka.

Awalnya bunda memberikan pilihan, “Keisha mau mandi sekarang sehingga tidak terlambat ke sekolah atau mandinya 5 menit lagi dengan konsekuensi terlambat?” Eh Keishanya malah nangis. Baiklah…Bunda tarik nafas dulu dan hembuskan perlahan.

Bunda: Tadi Keisha udah bangun dan bisa berjalan, tak ada mengeluh kaki sakit. Kenapa tiba-tiba sakit? Jatuh atau terantuk kah Keisha?
Keisha: Tadi Keisha tahan sakitnya bunda.
(sambil nangis dan menunjuk bekas luka di atas pergelangan kakinya)
Bunda: Diangkat aja kaki Keisha yang sakit biar ga kena air ya.
Keisha: Ga bisa Keisha bunda (masih nangis
Bunda: Jadi Keisha maunya dimandikan oleh bunda. Baiklah kalau begitu (berempati).

Tangisnya hilang seketika dan acara mandi pun berlangsung dengan lancar dan cepat. Begitupun ganti pakaian dan sarapan berlangsung dengan lancar dan akhirnya bisa berangkat ke sekolah tepat waktu.

Poin-poin komunikasi produktif yang dipraktekkan membawa hasil yang “You win, I win.” Senang bisa meremedial lagi materi yang merupakan kunci dari segala sesuatunya. Terima Kasih Institut Ibu Profesional. 😍


Payakumbuh, at the end of March 2019


Alisa Gumala

#KLIP
#RemedialDiri
#komunikasiproduktif
#kuliahbundasayang
@institut.ibu.profesional

Comments

Popular Posts