Jurnal Fasilitator Bunsay 5 Level 8

JURNAL FASILITATOR
BUNSAY 5 SULAWESI
LEVEL 8 CERDAS FINANSIAL


Cerdas finansial… Itulah tema Level 8 kelas Bunda Sayang. Aku merasa ini adalah tantangan paling besar saat dulu mengikuti perkuliahan Bunda Sayang Batch 2. Dan kali ini aku meremedial diri lagi dengan membersamai teman-teman pembelajar di kelas Bunda Sayang 5 Sulawesi, jauh dari tempat aku berada sekarang. Tetapi walau jauh di mata InsyaAllah dekat di hati ya teman-teman. ^_^

Aku belanja banyak ide saat membaca narasi T10H teman-teman pembelajar. Mulai dari aplikasi keuangan yang digunakan, tips dan trik mengelola keuangan rumah tangga, berbagai ide cara melatih kecerdasan finansial anak-anak yang bahkan bisa menghasilkan earn bagi anak-anak seperti anak-anaknya bunda Sari. Menginspirasi sekali.

Dan ada juga yang membuat aku benar-benar salut dan terharu, bunda Azizah yang tetap menyetorkan narasi T10H bahkan mendapatkan badge Outstanding Performance ditengah cobaan kehilangan putra bungsu yang masih bayi. Innalillahi wainnailaihi’rojiun.

Bangga dan merasa beruntung berada di kelas Sulawesi ini, berkenalan dengan para ibu pembelajar yang mempunyai semangat belajar yang tinggi. Bahkan peraih badge Outstanding Performance lebih banyak daripada peraih badge You are Excellent.





Tetapi kita tidak hanya fokus pada hasil, kita lebih mengapresiasi prosesnya. Ada beberapa teman-teman pembelajar yang tetap menyetorkan narasi T10H selama 14 dan 15 hari walaupun mengetahui tidak akan mendapatkan badge Outstanding Performance.

Bunda Icmi Niswatur Rofiah yang telah berusaha semaksimal mungkin tetapi jumlah setoran kurang satu dari kriteria badge Outstanding Performance dan akhirnya mendapatkan badge You are Excellent. Bunda Nagawati tetap menyetor narasi selama 15 hari  walau sudah mengetahui tidak mendapat Outstanding Performance. Bunda Martika Sandra Raupu yang tetap menyetorkan 15 narasi walau mengetahui akan mendapat badge Dasar saja.




Ada lagi yang keren dari kelas Sulawesi yaitu bunda Arribath Hanifah yang terpilih menjadi Mahasiswi Teladan Bunda Sayang Batch 5 Tingkat Nasional. MasyaAllah…



Tak lupa pula ada Koordinator Bulanan alias korlan yang kece banget, bunda Palupi Darmanti yang begitu rapi, teratur dan lengkap banget. Mengelompokkan teman-teman berdasarkan badge detail dengan kondisi spesial masing-masing, dan aku hanya  tinggal memeriksa kesesuaian data. Jazakillah khoir bunda. Ditengah to do list akhir tahun yang membludak, Allah memberikan kemudahan lewat tangan bunda korlan yang cepat tanggap.

Semoga ikhtiar kita belajar bersama dalam perkuliahan Bunda Sayang Batch 5 di Institut Ibu Profesional ini membawa keberkahan untuk diri, keluarga, orang-orang di sekitar kita dan masyarakat secara umum. Aamiin.


Payakumbuh, 20 Desember 2019
Fasilitator Bunsay 5 Sulawesi

//Alisa Gumala//

Comments

Popular Posts