JURNAL 8 KAMPUS IBU PEMBAHARU

SCALE UP IMPACT

My Changemaker Journey 

and  The Stories with Bunda Aruna's Team


MasyaAllah... Tak terasa sudah memasuki pekan terakhir di perkuliahan kelas  Bunda  Salihah, di Kampus Ibu Pembaharu.  Teringat saat menunggu kelas Bunsal ini begitu excited dan penasaran dengan gamifikasinya. 

Sangat berkesan belajar di kampus Ibu Pembaharu ini, belajar bukan hanya untuk menyerap ilmu tetapi juga memprosesnya agar bisa diaplikasikan dalam kehidupan nyata. Untuk itu diriku menetapkan indikator lulus versi personal di awal perkuliahan yaitu; "Saya  bangga dinyatakan lulus sebagai Ibu Pembaharu bila saya mampu menyelesaikan 1 masalah hidup saya yaitu bisa memperbarui manajemen pendidikan anak.

Sebagai seorang ibu dengan lima anak dimana ada yang homeschooling dan ada yang sekolah formal, adalah tantangan banget dalam memenej antara aktivitas domestik dengan aktivitas membersamai anak-anak. 

Berangkat dari masalah tersebut maka saya melakukan kampanye untuk mencari tim yang mempunyai masalah yang sama ataupun yang bisa memberikan solusi terhadap permasalahan yang saya hadapi. Alhamdulillah setelah berkampanye di media sosial Facebook pribadi, ada yang tertarik untuk bergabung dalam satu tim, kemudian salah seorang teman satu co-housing di kelas Bunda Produktif juga menyatakan keinginannya untuk bergabung dalam tim. Akhirnya satu teman co-housing bergabung lagi dan yang mau bergabung di awal memutuskan untuk mundur dan membentuk tim keluarga. 


Terbentuklah tim yang beranggotakan 3 orang yaitu saya Alisa Gumala, Mellysa Putri Neldi dan Alienda Sophia. Dalam kami saling berbagi peran dan saling mendukung. Alhamdulilah kami bisa mengikuti Event Questival Ibu Pembaharu dan Kongres Ibu Pembaharu. Seruu sekali, apalagi yang Questival, sampai tengah malam bikinnya. Untuk Kongres Ibu Pembaharu, gabungan dari beberapa tim, jadi kerjasamanya lebih apik karena ide dan tenaga lebih banyak. 

Bunda Aruna's Team telah melalui bersama-sama berbagai tantangan dan senang sekali kami selalu kompak, saling menyemangati, saling berbagi peran bersama. MasyaAllah...

Kisah Changemaker Journey Bunda Aruna's Team bisa dilihat pada Video Changemaker Journey Tim Bunda Aruna hasil kolaborasi kami bertiga.

And how about my changemaker Journey? Apakah aku sudah sesuai dengan indikator lulus versi Personal?

InsyaAllah aku sudah membuat perubahan dalam Manajemen Pendidikan Anak terutama manajemen homeschooling si sulung. Aku sudah lebih rileks dalam mengajar dan anak pun lebih bahagia dalam belajar bersama Bunda. Aku belajar mencicil belajar, mengulang dan konsisten dalam mendampingi anak belajar. Tetapi tak cukup sampai disini, aku masih punya tantangan lainnya seputar anak. Sebagaimana motto hidupku Belajar terus,  terus belajar.

MasyaAllah...


Payakumbuh, 14 Desember 2021


=Alisa Gumala=




Comments

Popular Posts