Aa Family's Project at Beginning of July


Hari ini Keisha punya proyek membuat es krim. Bahannya sederhana saja, tepung es krim 2 sachet, air es 2 x 300ml (kami pakai susu cair dingin plus susu bubuk yang dicampur air es). Udah...itu aja. Lalu dimixer sampai mengembang dan mengental. Awalnya bunda yang mix adonan es krim, lalu dilanjutkan oleh Keisha sampai adonan mengembang dan kental.

Proses selanjutnya adalah memasukkan ke dalam wadah atau cetakan. Karena ini es krim yang hasil jadinya berbentuk krem, jadi kami memasukkannya ke cetakan agar-agar serta wadah besar. Makan es krimnya juga disendok jadi tak masalah betul sih bentuknya, tetapi kami tetap meletakkan adonan di cetakan agar-agar yang lucu.

Dalam proses pembuatan, Keisha belajar menakar dengan benar. Karena tepung es krimnya ada 2 sachet, otomatis takaran air esnya juga 2 kali lipat. Saat bunda tanya, alhamdulillah Keisha bisa menjawab dengan benar. Logika matematika sederhana diterapkan disini.

Si kembar punya proyek yang berbeda. Hari ini mereka belajar menyusun puzzle yang terdiri dari 25 keping puzzle. Zaheed lebih jago kalau dalam hal ini. Ziyad lebih jago dalam hal lain. Begitulah setiap anak punya keunikannya tersendiri, walaupun kembar tetapi punya keunikannya masing-masing.

Banyak manfaat menyusun puzzle, diantaranya yaitu:
  1. Meningkatkan skill problem solving atau pemecahan masalah
  2. Meningkatkan koordinasi mata dan tangan
  3. Meningkatkan skill motorik halus dan kasar
  4. Meningkatkan kemampuan mengingat
  5. Melatih kesabaran
Ternyata banyak manfaatnya ya. Ziyad dan Zaheed terutama Zaheed betah berulang kali menyusun, membongkar dan menyusun lagi. Semangat terus… 💪💪


Referensi:



Payakumbuh, 3 Juli 2019

Alisa G.

Comments

Popular Posts