JELAJAH PUSTAKA



Hari ini adalah hari yang seruu karena ayah, bunda, si sulung Kenzie, si tengah Fatir dan si bungsu Zaheed pergi jelajah ke  Perpustakaan Daerah Kota dan Kabupaten. Sebenarnya niat ini sudah lama tetapi baru kesampaian sekarang.

Rencana awal sih cuma ayah dan si sulung saja yang akan pergi tetapi karena si bungsu tak enak badan dan perlu diurut dan tentu harus diantar ayah, akhirnya semua pergi ke Perpustakaan setelah mengantar si bungsu ke tukang urut langganan.

Tujuan pertama adalah Perpustakaan Kota Payakumbuh, disini syarat untuk mendaftar cukup mudah, hanya perlu fotokopi KTP/ SIM  dan pas foto bagi dewasa, untuk anak-anak mulai usia kelas 1 SD yaitu fotokopi Kartu Keluarga dan pas foto.

Berkas yang tersedia adalah punya bunda dan si sulung dan setelah cukup puas membaca, kami memilih 6 buah buku (1 anggota boleh meminjam 3 buah buku selama 7 hari). Kenzie sudah memilih 2 buah buku, 1 buku belajar menggambar dipilihkan ayah untuk Keisha yang tidak bisa ikut, 2 buku dipilih Fatir dan 1 buku dipilih Zaheed.

Kenzie memilih buku berisi kisah-kisah super seru dan mendidik, untuk Keisha dipilihkan buku belajar menggambar sesuai kesukaannya, Zaheed memilih buku cerita untuk anak yang akan disukai Ziyad juga. Dan buku yang paling unik adalah pilihan Fatir yaitu buku yang ditujukan untuk mahasiswa kedokteran, dokter muda, mahasiswa keperawatan dan semua profesional bidang kesehatan lainnya, berjudul “At a Glance, Sistem Respirasi dan At a Glance, Mikrobiologi Media dan Infeksi.





Ayah sama bunda sudah memperlihatkan beberapa buku tentang anatomi tubuh untuk anak-anak dengan gambar yang lebih menarik tetapi semua ditepis Fatir. Saat bunda mengatakan bahwa tidak banyak gambar di buku-buku tersebut, Fatir tetap bertahan bahwa dia menyukai gambar ‘serius’ di buku tersebut.

Ibu petugas Perpustakaan pun tersenyum melihat pilihan Fatir yang jatuh kepada buku yang ‘berat’ isinya. Dan kamipun melanjutkan perjalanan ke Perpustakaan Daerah punya Kabupaten.

Kami sempat tersesat agak jauh karena informasi alamat yang kami dapatkan tidak terlalu jelas, akhirnya terpikirkan sama si ayah untuk menelpon uda (kakak) sepupu yang bekerja di pemerintahan dan akhirnya ketemulah lokasi Perpustakaan Daerah punya Kabupaten.

Disini kami tidak bisa langsung meminjam buku karena butuh syarat Surat Keterangan dari Wali Nagari bagi orang dewasa dan Surat Keterangan dari Sekolah bagi anak-anak. Tentunya diperbolehkan membaca ya. Disini kami membaca beberapa buah buku sampai akhirnya pustaka berakhir waktu kunjungannya dan kamipun pulang ke rumah.

Next...sudah ada beberapa Perpustakaan milik Pribadi yang akan kami kunjungi. Semoga jelajah hari ini bermanfaat dan berkah bagi kami sekeluarga.


Payakumbuh, 17 Juli 2019

Alisa Gumala

Comments

Popular Posts