Jurnal Puasa Minggu 1 Kelas Kepompong


PUASA MINGGU PERTAMA
“Menunda membersihkan dan merapikan dapur”

Kelas Kepompong menghadirkan  kejutan yang berbeda. Kali ini para mahasiswi ditugaskan untuk melatih kecekatan para ibu dengan melakukan puasa terhadap kebiasaan buruk yang membuat hidup kita selama ini menjadi kurang bermakna.  

Untuk minggu pertama ini aku puasa “Menunda membersihkan dan merapikan dapur”

Bagiku memasak adalah sesuatu yang aku bisa tetapi aku tidak enjoy melakukannya.  Apalagi jika di pagi hari dapur terlihat berantakan dan di malam hari dapur masih berantakan dan cucian piring menumpuk,  ini bisa merusak mood memasak dan merusak suasana hati sebelum tidur.

Untuk itu aku bertekad untuk meninggalkan kebiasaan menunda membersihkan dan merapikan dapur.  Karena dapur yang bersih dan rapi,  membuat pikiran fresh untuk memasak dan membuat hati tenang sebelum tidur.  Saat menonton dongeng ibu,  ternyata dulu ibu juga begitu.  Toss lah bu… 💖

Standar penilaian badgenya yaitu:
Excellent (4 poin):
Berhasil membersihkan dapur segera setelah memasak dan segera mencuci peralatan makan maksimal pukul 09.15 Wib.
Dapur dalam keadaan bersih di siang hari dan di malam hari sebelum tidur.

Satisfactory (3 poin):
Berhasil membersihkan dapur setelah memasak dan  mencuci peralatan makan  maksimal pukul 10.00 Wib.
Dapur dalam keadaan bersih di siang hari dan malam hari sebelum tidur.

Very Good (2 poin):
Berhasil membersihkan dapur setelah memasak dan mencuci peralatan makan maksimal pukul 10.30 Wib.

Need Improvement! (1 poin):
Tidak langsung membersihkan dapur setelah memasak dan mencuci peralatan makan. Waktunya lewat dari pukul 10.30 Wib.
Dapur dibiarkan kotor saat malam sebelum tidur.




Puasa Dimulai

Hari 1
Hari pertama tanggal 20 Maret 2020 adalah hari yang cukup melelahkan,  lantai ruang makan dan dapur cukup kotor karena hari sebelumnya baru selesai merubah letak perabotan.  Saya mengepel sampai tiga kali untuk memastikan lantai benar-benar bersih.  Alhamdulillah sapu pel mop sangat membantu sehingga tidak perlu memeras dengan tangan dan tidak perlu jongkok. Saat anak-anak masuk  ke ruang  makan dan dapur,  semuanya berkomentar,  “Wow,  bersih sekali bunda.  Rancak bana (bagus sekali). “ Jadi hilang lelah bunda nak.  😇😊

Malamnya aku pun segera membersihkan piring dan merapikan dapur sehingga tetap bersih keesokan paginya. Untuk itu,  di hari pertama tanggal 20 Maret 2020 aku mengapresiasi diri dengan badge Excellent!!

Hari 2
Hari kedua tanggal 21 Maret 2020, aku mulai memasak dengan hati senang melihat dapur bersih dan rapi di pagi hari.   Selesai memasak segera aku bersihkan semua peralatan masak dan  mengepel lagi lantai yang agak kotor. Tetapi aku menyelesaikannya pada jam 10.00 Wib. Pada siang hari selesai makan siang,  segera aku bersihkan juga. Lantai keramik dapur berwarna putih sehingga jejak kaki anak-anak akan kelihatan saat kaki mereka yang baru datang dari halaman menginjak lantai.  Segera dibersihkan supaya noda tidak mengeras dan tidak butuh waktu  lama dalam membersihkannya. Satisfactory untuk hari ini.

Hari 3
Hari ketiga 22 Maret 2020 juga aku lalui dengan bersegera membersihkan noda di lantai serta segera mencuci piring dan peralatan memasak.  Ada noda sedikit saja,  aku langsung mengepelnya.  Be a cleaning service at home. 😁

So,  i think i deserve to give Excellent badge to my self.  
Hari 4
Hari keempat 23 Maret dimulai dengan mengepel lantai sebelum memasak.  Juga membersihkan dapur setelah memasak.  Tetapi waktunya lewat dari target jam 09.00,  walaupun untuk hasilnya tetap bersih dan rapi.  Malam sebelum tidur piring-piring juga selesai dicuci.  Dan badge untuk hari ini adalah Satisfactory.

Hari 5
Hari ini 24 Maret adalah hari untuk food preparation dimana tentunya akan butuh waktu lebih lama dari sekedar memasak. Karena malam sebelumnya sudah membersihkan dapur sebelum tidur, pagi-pagi cukup dengan menyapu lantai. Dan ritual food preparation pun bisa dijalani dengan pikiran yang fresh. Selesai berkegiatan di dapur, dapur segera dibersihkan. Begitupun di malam hari, target membersihkan dapur terlaksana dengan sukses. Alhamdulillah Excellent.


Hari 6
Hari ke enam 25 Maret aku tetap melakukan pembersihan dapur sesuai standar yang telah aku tentukan tetapi waktunya lewat dari schedule yang seharusnya. Yah, untuk hari ini cukup badge Very Good  😳

Hari 7
Tanggal 26 Maret adalah hari terakhir puasa minggu pertama. Di hari ini aku sukses melakukan pembersihan dapur sesuai target yang telah aku tetapkan. Hal ini terjadi karena aku sudah melakukan komunikasi produktif kepada suami dan anak-anak sehingga mereka menjadi support system bagi keberhasilan puasaku ini.

Aku belajar dari terdistraksinya aktivitas tantangan 30 hari pada hari ke 6 puasa. Aku melupakan sesuatu yang sangat penting yaitu tidak mengkomunikasikan time schedule yang telah dibuat sehingga suami dan anak-anak tidak mengetahui target waktunya. Dengan mengkomunikasikan hal tersebut, aku bisa berhasil menuntaskan aktivitas sesuai target. Selama ini mereka hanya mengetahui judul puasa yang aku jalani tanpa mengetahui target waktunya. Alhamdulillah selalu ada pembelajaran walau dari kegagalan sekalipun. Excellent for the last fasting in my first week.



Payakumbuh, 27 Maret 2020
Alisa Gumala


#janganlupabahagia
#jurnalpuasamingguke-1
#materi1
#kelaskepompong
#bundacekatan
#buncekbatch1
#buncekIIP
#institutibuprofesional

Comments

Popular Posts