PROJECT 2 RBI Day 44

€DU PLAY & LEARN
Kids Portfolio


BERMAIN PERAN

Jurnal Harian Anak
★Nama Anak:
  1. Kenzie (8y5m)
  2. Keisha (7y2m)
  3. Ziyad (3y2m)
  4. Zaheed (3y2m)
★Keterampilan yang diasah: Fitrah Belajar Bernalar, Fitrah Perkembangan, Fitrah Seksualitas
★Sikap yang ditumbuhkan: Memahami peran ayah bunda, imajinasi
★Deskripsi:
Anak-anak kecuali Fatir hari ini sibuk bermain peran/pretend play. Fatir dibawa oma pergi ke rumah teman oma, jadi tinggal berempat di rumah.

Kenzie yang punya ide untuk berperan sebagai papa dan Keishq sebagai mama. Ziyad anak tertua dan Zaheed anak bungsu. Bunda melihat dari luar kamar, bagaimana Kenzie dan Keisha berbagi peran bekerja sama mengurus rumah dan mengurus anak. Bunda mendengarkan Kenzie yang sedang membujuk Ziyad dan Zaheed untuk mandi dengan mengatakan, “Abang dan adek, ayo mandi lagi, hari sudah sore”. Bunda tersenyum mendengarkan. Anak-anak memang peniru ulung. Mereka melihat kadang ayah ikut turun tangan memandikan mereka dan Kenzie menangkap informasi tersebut dan menggunakan kata-kata yang biasa ayah bunda ucapkan kepada mereka saat mempersilahkan mandi sebagai dialog dalam cerita yang mereka buat.

Kenzie sang pemimpin juga tak lupa mengingatkan Keisha si pemeran mama untuk membuatkan anak-anak susu dan menyuapi mereka makan. Awalnya sih hanya pura-pura makan tetapi untuk susu benar-benar dibuatkan Keisha, saat siang menjelang, Keisha dan Kenzie benar-benar menyuapi Ziyad dan Zaheed. Wah...bunda salut juga. Mereka udah mulai paham peran dan tanggung jawab ayah bunda. Dan keterampilan berbahasa mereka juga semakin berkembang dengan dialog-dialog yang mereka kreasikan sendiri.

Bunda juga tersenyum simpul saat Ziyad dan Zaheed juga mengerti dengan peran mereka. Hal itu bunda ketahui saat mereka berdua memanggil Kenzie dan Keisha dengan sebutan papa dan mama. Bunda tergelak sendiri mendengarnya. Mereka juga patuh saja dengan jalan cerita yang diarahkan Kenzie dan Keisha. Berbakat jadi pemain drama nih anak-anak bunda huehehe… 😍



Payakumbuh, 24 Juni 2018

Alisa G.



#RuangBerkaryaIbu
#IbuProfesional
#MandiriBerkaryaPercayaDiriTercipta
#KenaliPotensimuCiptakanRuangBerkaryamu
#Proyek2RBI
#Day44
#EduPlay&Learn


Comments

Popular Posts