PROJECT 2 RBI Day 46

€DU PLAY & LEARN
Kids Portfolio

MEMANJAT POHON

Jurnal Harian Anak
★Nama Anak:
  1. Kenzie (8y5m)
  2. Keisha (7y2m)
★Keterampilan yang diasah: Fitrah Belajar Bernalar, .Fitrah Perkembangan, Fitrah Jasmani, Fitrah Alam
★Sikap yang ditumbuhkan:  Terampil, Hati-hati, Tidak sombong
★Deskripsi:
Kenzie dan Keisha lagi asyik bermain di kebun kakao di depan rumah. Bunda mengamati dari dalam rumah. Lalu Keisha memanjat salah satu batang kakao. Bunda masih memperhatikan dari jauh. Lalu Keisha mengambil kursi plastik ke dalam rumah sambil minta izin, bolehkah memanjat batang sirsak. Keisha berkata bahwa Keisha akan menjadi guru memanjat buat abangnya Kenzie. “Oke boleh tetapi cari dahan yang kokoh dan cukup besar untuk dipijak ya”, kata bunda. Mereka sangat girang dan bersegera ke pohon sirsak. Pohon sirsaknya masih cukup kecil jadi tidak begitu tinggi.

Dalam hati bunda merasa geli karena yang lebih pandai memanjat adalah anak gadis. Sepertinya kepandaian bunda memanjat di waktu kecil menurun kepada Keisha xixixi…

Mulailah Keisha memanjat diikuti Kenzie di bawahnya. Keisha memberikan beberapa arahan kepada Kenzie. Bunda hanya memberi arahan agar melihat dulu dahan yang akan dipijak, cukup kokohkah atau tidak. Dicoba dulu sedikit memijaknya. Yang jelas, dahan yang lebih besar tentu lebih kokoh. Untuk dahan yang kecil, tidak boleh berdua menginjaknya karena tidak akan sanggup menahan berat mereka berdua. Mereka sangat senang dan bunda mengingatkan agar tidak merasa sombong karena sudah bisa memanjat. Di saat rasa sombong tiba, bisa jadi kita akan terjatuh karena sikap kehati-hatian akan berkurang saat rasa sombong datang.

Saat melatih keterampilan fisik mereka juga mendapat pelajaran moral. Yang pasti sikap sombong itu tidak baik. Allah tidak menyukai orang yang sombong dan orang di sekitar kita pun akan menjauhi kita bila kita bersikap sombong. Semoga dipahami ya anak-anak.



Payakumbuh, 26 Juni 2018

Alisa G.



#RuangBerkaryaIbu
#IbuProfesional
#MandiriBerkaryaPercayaDiriTercipta
#KenaliPotensimuCiptakanRuangBerkaryamu
#Proyek2RBI
#Day46
#EduPlay&Learn


Comments

Popular Posts