Bunda Berkisah (Day 2)

Yeay...Hujan



Yeay...hujaannnn. Anak-anak hampir selalu bersorak ketika hujan turun. Mereka berharap agar hujan semakin lebat karena ayah bunda hanya membolehkan mandi hujan saat hujan lebat dan hujan sudah berlangsung selama kurang lebih 10 menit. Tujuannya agar hujan sudah cukup membersihkan atap rumah sehingga bila anak-anak  menampung air hujan, tidak ada lagi sampah dan kotoran lain yang terbawa air hujan.

🎵Hujan rintik-rintik... 4x (sambil menggerakkan kedua telunjuk bergantian ke atas dan ke bawah)
Hujan batu… 4x (kedua tangan dikepal dan digerakkan bergantian ke atas dan ke bawah)
Petir menyambar… 4x (kepalan tangan dibuka dan digerakkan bergantian seperti sambaran petir)
Angin badai… 4x (sambil menggoyangkan badan ke kanan dan ke kiri).🎵

Lagu sederhana sambil menggerakkan tangan dan menggoyangkan badan sangat disukai si kembar.  Hari ini hujan turun  tetapi tidak begitu deras dan bunda menyanyikan lagu tersebut yang langsung dikuti Ziyad dan Zaheed sambil tertawa-tawa. Sedangkan Fatir hanya tersenyum saja melihat kami.

“Ayo...siapa yang tahu bagaimana proses terjadinya hujan?” tanya bunda. “Saya,” kata Fatir. “Itu ada di buku”, kata Fatir sambil berlari mengambil buku. Setelah membolak-balik halaman buku, ketemulah halaman yang dicari.

“Ayo Fatir, coba dijelaskan gambar hujan ini”, kata bunda. Dengan antusias Fatir menerangkan bagaimana air menguap terkena sinar matahari dan naik ke awan. Semakin lama titik-tik air bertambah banyak dan awan semakin berat lalu turunlah hujan. Ziyad dan Zaheed memperhatikan dan mendengarkan penjelasan Fatir dengan gaya anak-anak yang lucu, membuat bunda dan si kembar tersenyum.

“Siapa yang menurunkan hujan?” tanya bunda lagi. “Allah…”, jawab mereka serempak. Hujan dan fenomena alam lainnya  pas sekali untuk membangkitkan fitrah keimanan anak. Alhamdulillah hujan diturunkan Allah untuk semua makhluk hidup. Tanaman disirami air hujan agar tumbuh subur, manusia dan hewan bisa minum dan manusia juga menggunakan air untuk mandi dan berbagai manfaat lainnya. Seperti yang tercantum dalam ayat Al Qur’an berikut ini:

Al Anfaal, ayat 11 :

“(Ingatlah), ketika Allah menjadikan kamu mengantuk sebagai suatu penentramanan daripada-Nya, dan Allah menurunkan kepadamu "hujan" dari langit untuk menyucikan kamu dengan "hujan" itu dan menghilangkan dari kamu gangguan-gangguan syaitan dan untuk menguatkan hatimu dan memperteguh dengannya telapak kaki(mu). (QS. 8:11)


#Day2
#BundaBerkisah
#PejuangLiterasi
#Hujan

Comments

Popular Posts