EVERY CHILD IS A STAR



Pagi-pagi bunda sudah mendapat kejutan menyenangkan dari anak-anak.  Dimulai dari si sulung Kenzie yang homeschooling,  memasak sendiri martabak telur kesukaannya dan menghidangkannya untuk anggota keluarga lainnya. 

Lanjut ke Fatir yang minta dimandikan pagi ini sebelum berangkat ke PAUD.  Saat mandi tiba-tiba Fatir nyeletuk,  "Bunda,  lantai kamar mandi ini kok ga datar ya?  Lebih rendah ke arah saluran air?" "Wah... Fatir memang suka memperhatikan kondisi di sekitarnya ya " kataku dalam hati.

"Iya Fatir,  lantai kamar mandi umumnya dibuat makin rendah mendekati saluran air.  "Wah... benarkah bunda? " seru Fatir dengan antusias.  "Iya... Fatir tahu kenapa? " tanya bunda lagi dan ia menggeleng.  "Itu bertujuan untuk memudahkan air mengalir ke saluran pembuangan air dan air tidak menggenang.  Bila air tergenang maka lumut bisa tumbuh dengan cepat dan lantai kamar mandi menjadi licin sehingga kita bisa jatuh" terang bunda.

"Kan bisa kita sapukan aja air yang tergenang itu menggunakan kaki atau sapu sikat lantai bun? " kata Fatir lagi. "Ya susahlah nak.  Kita jadi capek dan repot.  Bila lantainya makin rendah ke arah saluran air,  air otomatis mengalir ke saluran pembuangan.  Karena air mengalir dari tempat yang tinggi ke tempat yang rendah. " Fatir tersenyum karena akhirnya mengerti setelah mendengar penjelasan bunda.

Setelah Fatir berangkat ke sekolah,  giliran bunda bersama si kembar Ziyad dan Zaheed.  Saat itu mereka baru saja selesai sarapan pagi.  Zaheed saat itu membongkar pena yang bisa berfungsi sebagai stylus.  Setelah melihat isi dalamnya,  Zaheed memasangnya lagi.  Lalu tiba-tiba Zaheed menunjuk sebuah waterpass kecil pada pena stylus tersebut.  "Ini apa bunda? " tanya Zaheed.  "Ooh,  ini namanya Waterpass,  yang berfungsi untuk mengukur  apakah suatu benda itu dalam posisi datar,  baik itu horizontal maupun secara vertikal. Misalnya meja ini,  mari kita lihat. Jika meja ini datar maka gelembung airnya akan berada di tengah." Si kembar dengan semangat memperhatikan gelembung air pada waterpass.  Lalu bunda menambahkan bahwa waterpass ini sangat diperlukan oleh pak tukang (pekerja bangunan)  saat membangun rumah/gedung.

MasyaAllah tabarakallah... 
Semoga selalu terpelihara intellectual curiousity nya ya nak.

#PortofolioAnak
#AAFamily
#EduPlayAndLearn 

Comments

Popular Posts