Jurnal Fasilitator Bunsay 5 Sulawesi Level 7

SEMUA ANAK ADALAH BINTANG

Itulah tema perkuliahan kelas Bunda Sayang pada Level 7 ini. Karena setiap anak terlahir dengan keunikannya masing-masing, maka galilah keunikan mereka. Bagi yang belum diberi amanah anak, maka galilah keunikan suami. Carilah kelebihan yang ada pada dirinya.

SATE SUPER Saya Teringat Suatu Peristiwa yang mana ini adalah sebuah cerita yang saya baca di salah satu grup whats app. Saya ceritakan kembali dengan bahasa sendiri sesuai ingatan ya. 😊

Bercerita tentang seorang murid yang minta izin kepada guru kajiannya untuk berhenti dari aktivitas pengajian yang diikutinya. Sang guru memberi izin tetapi dengan satu syarat yaitu ia harus membawa sebuah gelas yang berisi air penuh berkeliling masjid dan tidak boleh menumpahkan airnya sedikitpun. Sang murid menyanggupi dan ia mengelilingi masjid dengan sukses tanpa menumpahkan air di dalam gelas.

Dengan girang ia melaporkan kepada gurunya dan segera pamit pergi. Sang guru menahannya sembari berkata, "Selamat ya, kamu sukses membawanya tanpa menumpahkan airnya. Apakah tadi kamu mendengar pembicaraan orang di dalam masjid dan melihat kelakuan mereka?" Sang murid menjawab tidak karena ia fokus pada air di dalam gelas. Sang guru tersenyum dan berkata, "Jika kamu fokus pada dirimu sendiri, maka kamu akan mencapai tujuanmu dan tidak akan menghiraukan hal tidak baik yang dilakukan orang disekitarmu".

Hikmah dari cerita di atas adalah fokus pada diri sendiri, dan fokus juga pada kelebihan suami dan anak-anak. Sebagai fasilitator saya sesungguhnya sedang meremedial diri dalam mempelajari materi di kelas Bunda Sayang, untuk fokus pada kelebihan suami dan anak-anak.

Teman-teman mahasiswi di kelas Sulawesi cukup semangat dengan tantangan Level 7 ini. Dengan berbagai tantangan masing-masing, ada yang tetap semangat walau LDM dengan suami, ada ibu bekerja di ranah publik dengan setumpuk pekerjaan yang harus diselesaikan, ada yang harus bed rest , ada yang anak-anak dan keluarga  pada sakit, dan berbagai tantangan lainnya.

Alhamdulillah di kelas Sulawesi terdapat 46,88% peraih Badge Dasar, 15,63% peraih bagde You are Excellent dan 25% mahasiswi peraih badge Outstanding Performance. 👏👏👏

Comments

Popular Posts