BE CREATIVE (Day 5)

PERCOBAAN 

Orang tua dapat membantu merangsang kreatifitas anak dengan memberikan kesempatan belajar, keterbukaan hati orang tua bagi imajinasi kreatifnya, bagi intelectual curiousity-nya, bagi eksplorasi belajarnya, bagi kesempatan untuk semakin menjadi dirinya sendiri.

Aktifitas anak-anak sehari-hari kadang tanpa kita sadari penuh dengan kreatifitas. Seperti Kenzie yang setiap hari selalu meluangkan waktunya untuk bermain lego. Tiba-tiba Kenzie melaporkan kepada bunda bahwa lego perahunya ternyata benar-benar mengapung saat diletakkan ke air, tidak tenggelam. Rupanya Kenzie sudah memikirkan, apakah lego perahunya benar-benar bisa mengapung seperti perahu aslinya. My smart boy. Mudah-mudahan kelak Kenzie bisa menciptakan desain kapal dan juga pesawat. Menjadi ilmuwan soleh yang sukses dunia akhirat yang berbakti pada orang tua. Aamiin...😍

Dan Zaheed (3y) ikutan main lego bersama abang Kenzie dengan desain sederhana yang sangat disukainya yaitu pistol ala Zaheed. 😘

Bunda lalu mengajak anak-anak melakukan percobaan sains sederhana yaitu meniup bola kertas yang diletakkan di mulut botol minuman. Dan ternyata kertas tersebut bukannya masuk ke dalam botol tetapi terlempar keluar. “Wah...kenapa bunda?”, tanya Kenzie.  Bundapun menjelaskan bahwa itulah bukti adanya udara di dalam botol. Saat ditiupkan udara, tekanan di mulut botol menjadi rendah dan tekanan udara di dalam botol menjadi tinggi sehingga kertas terlempar keluar karena udara bergerak dari tekanan tinggi ke rendah. Zaheed yang paling ketagihan mencobanya. Hehe...lucu sekali.

Anak-anak yang lagi keranjingan main sains, lalu mencoba percobaan keseimbangan tetapi gagal karena seharusnya menggunakan sterofoam tetapi karena ga ada diganti dengan plastisin. Tentu aja gagal hehe...Bunda jelaskan karena plastisin berat sehingga tak bisa terjadi keseimbangan, barulah mereka mengerti.

Selanjutnya membuat roket kertas dengan bahan sederhana yaitu kertas, selotip, gunting, pipet bengkok. Percobaan ini berhasil dan anak-anak semangat bermain tiup roket. Hari yang menyenangkan.


Payakumbuh, 26 Maret 2018

AlisA


#Tantangan10Hari
#Level9
#KuliahBunsayIIP
#ThinkCreative

Comments

Popular Posts