BE CREATIVE (Day 8)

Merangsang Kreatifitas Anak

Beberapa tips merangsang kreatifitas anak, diantaranya yaitu:

*Berikan Kesempatan Bermain
Saat bermain bebas, anak akan secara spontan mengeksplorasi minat dan kemampuannya. Anak akan senang dan bahagia jika ia bisa melakukan yang disukainya.

*Berikan Mainan yang Disukai Anak
Hampir semua jenis mainan anak dapat menjadi alat bantu mengembangkan kreativitas anak. Jangan memberikan mainan yang anda suka, berilah mainan yang ia suka.

*Beri Penghargaan Atas Kreasi Anak
Memberi penghargaan tidak harus berupa hadiah. Memuji kreasi atau karya anak akan menambah semangat dan rasa percaya diri anak. Jangan memberikan komentar negatif atau memarahi atas kekurangan anak saat ia mencoba idenya sendiri dalam menulis, menggambar, menyusun puzzle, dsb. (http://olvista.com/bagaimana-cara-merangsang-kreativitas-anak/)

Bermain bebas di halaman sampai ke kebun kakao depan rumah adalah hal yang paling menyenangkan bagi anak-anak. Bebas main sepeda, main mobil-mobilan, main cabut rumput, mengejar kupu-kupu dan capung, petik bunga, main tanah juga. Alhamdulillah suasana desa masih lumayan terasa walaupun di bawah rumah ada jalan raya yang lumayan ramai.

Puas main di luar, anak-anak masuk ke rumah dan lagi-lagi...permainan yang mereka sukai adalah lego. Sebenarnya ada beberapa pilihan mainan seperti bunchems, abaca flashcard, berbagai buku, lego standar dan lain-lain. Mereka tinggal pilih dalam kotak mainannya tetapi untuk beberapa waktu belakangan ini favoritnya ya lego ini. Bunda aja yang kadang bosan tetapi anak-anak sangat menikmati karena mereka bisa buat bentuk apa saja sesuai khayalan mereka.

Hari ini yang paling fokus menyusun lego adalah Fatir (5y). Bermacam bentuk hasil karyanya hari ini, ada yang berbentuk balok yang ketika bunda tanya katanya itu rumah. Ada kendaraan tempur dan ada bentuk persegi empat punya tangkai yang kata Fatir itu adalah sekop semen.

Sepulang sekolah Keisha minta dibuatkan roti tawar bakar. Menunggu bunda menyelesaikan kerja bunda, bunda tanya apa Keisha bisa mengoles roti dengan mentega dan diberi mieses dan Keisha menjawab bisa. “Nanti bunda tolong memanggangnya ya”, kata bunda. “Iya bunda”, jawab Keisha. Setelah beberapa lama, pekerjaan bunda sudah selesai dan bunda mencari Keisha untuk memanggangkan rotinya. Dan ketemulah bunda sama Keisha yang baru saja meninggalkan kompor siap memanggang roti. “Wah...udah selesai dipanggang rupanya Kei”, kata bunda. Hebat sekali anak gadis bunda. Kreatif dan mandiri. Walaupun sedikit gosong karena ada mieses yang nempel di bagian kulit roti, but overal is good.  👏👏.    👏
 👏     👏

Dan Kenzie bunda arahkan untuk mengetahui tentang semut dan sarangnya. Saat bunda terangkan bahwa ubau semut antara sarang yang satu dengan yang lain berbeda, Kenzie nampak sangat tertarik. Bunda memberi petunjuk bahwa bau semut bisa diketahui dengan meletakkan saputangan/tissue di atas sarang semut dan tunggu sampai dikerubungi semut. Tiba-tiba Kenzie berlari ke dalam rumah dan keluar membawa tissue dan segera mencari sarang semut untuk meletakkan tissue. Tissue segera diletakkan di atas sarang semut. Setelah agak banyak lalu kibaskan semut dari saputangan/tissue lalu ciumlah baunya. Itulah bau semut di sarang tersebut. Sekian dulu kegiatan merangsang kreatifitas hari ini. ☺


Payakumbuh, 29 Maret 2018

AlisA


#Tantangan10Hari
#Level9
#KuliahBunsayIIP
#ThinkCreative

Comments

Popular Posts