Tugas Materi 1_Ruang Berkarya Ibu_Project 2


MEMAHAMI DAN MENGIDENTIFIKASI BAKAT DIRI


Alisa Gumala#Kelompok 19#Tugas Materi 1

Untuk mengetahui bakat dominan diri dan peran dominan diri, maka saya melakukan identifikasi sebagai berikut yang mana suami juga setuju dengan hasil identifikasi saya:
  1. Tujuh bakat dominan diri dengan indikator 34 tema bakat:

1). Competition
2). Consistency
3). Developer
4). Focus
5). Harmony
6). Includer
7). Maximazer

Sebab, alasan atau kejadian khusus yang mendasari pilihan di atas adalah:
  1. Sejak SD saya suka membandingkan prestasi sekolah dengan teman sekelas yang saya anggap mempunyai kemampuan setara dan membandingkan kinerja serta prestasi saya dengan teman tersebut. Dengan kata lain, saya jadikan sebagai motivasi dengan bersaing secara sehat, dimana teman saya sendiri tak pernah mengetahui kalo saya jadikan saingan hehe. Dan sekarang sedang menjalani kuliah BunSay IIP, saya suka melihat siapa saja teman yang rajin menulis narasi games dan saya jadikan motivasi untuk semangat juga menulis narasi games.
  2. Saya adalah orang yang taat aturan, paling takut bila melanggar aturan. Kelemahannya adalah terkadang saya terlalu kaku dengan aturan, hal ini berlawanan dengan suami yang bawaannya santai dan saya pun jadi mulai belajar untuk lebih fleksibel tanpa melanggar aturan.
  3. Walaupun saya suka membandingkan prestasi dengan orang lain secara positif, dilain hal saya senang memajukan orang lain dan senang melihat kemajuan orang lain.
  4. Dalam melakukan suatu pekerjaan, saya tidak suka diganggu sampai sasaran yang saya targetkan tercapai.
  5. Dari kecil saya tidak suka berkonfrontasi dengan siapapun. Saya tidak menyukai permusuhan selama saya tidak dikhianati, karena kalau sampai dikhianati, saya akan menjauh beberapa waktu dari orang tersebut.
  6. Saya suka berkumpul rame-rame dengan keluarga dan teman-teman yang sama-sama suka berpikiran positif.
  7. Yang terakhir, dalam melakukan sesuatu saya menyukai hasil yang sempurna/perfect.


  1. Enam peran dominan berdasarkan ST-30 halaman 6 - 13;

1). Ambassaddor
2). Educator
3). Journalists
4). Motivator
5). Caretaker 
6). Server

Sebab, alasan atau kejadian khusus yang mendasari pilihan di atas;
  1. Setelah bergabung dengan komunitas Ibu Profesional, barulah saya berani dan percaya diri menjadi perwakilan dari komunitas. Saat sekolah dulu saya sering merasa kurang percaya diri, padahal saya termasuk murid pintar, punya teman lumayan banyak, aktif di tarik suara.
  2. Saya suka memajukan orang lain agar menjadi lebih baik dengan sharing pengalaman dan ilmu yang saya punyai, walau masih sedikit yang penting bermanfaat.
  3. Dari dulu saya suka mengumpulkan informasi-informasi yang saya anggap penting dan saya tuliskan poin-poinnya di kertas yang saya tempel di dinding atau saya tulis di bagian notes di kalender meja. Saya dari dulu suka menulis diari tetapi setelah perasaan saya tenang saya akan robek kertasnya atau saya hapus filenya. Dan sekarang mulai merasakan nikmatnya menulis dalam pengerjaan tugas kuliah BunSay IIP.
  4. Memotivasi orang lain...ini sangat saya sukai dari dahulu, dengan berbekal semangat, empati didasari oleh pengalaman dan ilmu yang saya ketahui.
  5. Saya suka segala sesuatu dikerjakan secara perfect/sempurna, bila berhasil rasanya sungguh menyenangkan.
  6. Saya suka melayani orang lain apalagi sebagai pekerjaan. Saya bahagia bila melihat orang lain juga bahagia.

Demikianlah identifikasi diri ini saya tuliskan. Semoga bakat dan pashion saya sejalan.


Wassalam
Alisa Gumala


#RuangBerkaryaIbu
#Proyek2
#TugasMateri1
#KenaliPotensimuCiptakanRuangBerkaryamu

Comments

Popular Posts