Jurnal Bunsay Leader Level 4

JURNAL LEADER LEVEL 4


IDENTITAS BUKU
*Judul      : GENIUS LEARNING STRATEGY.
Petunjuk Praktis untuk Menerapkan        Accelerated Learning.
*Penulis  : Adi W. Gunawan
*Penerbit : PT. Gramedia Pustaka Utama
*Tahun Terbit : 2007
*Tempat Terbit : Jakarta
*Jumlah Halaman : 373 hal
*Harga : Rp 70.000,-
*ISBN : 978-979-22-0607-4



SINOPSIS
Dalam buku ini  Adi W. Gunawan menjelaskan bahwa Genius Learning adalah  metode Accelerated Learning atau cara belajar yang dipercepat yang sudah mengalami proses adaptasi  dan benar-benar sudah disesuaikan dengan kondisi masyarakat dan budaya Indonesia yang khas sehingga lebih baik dari metode Accelerated Learning lainnya. Inilah yang membedakannya dengan buku lainnya yang sejenis.

Dalam buku ini dibahas mengenai apa itu Genius Learning, cara kerja otak dan memori, teknik memori dan peningkatan daya ingat, gaya belajar individu  dan gaya mengajar, multiple intelligence dan cara memberdayakannya, bermain sambil belajar, menggunakan brain gym di kelas, menggunakan musik untuk meningkatkan hasil pembelajaran, menciptakan lingkungan belajar Genius Learning dalam mendampingi proses belajar anak  di rumah dan di sekolah. Buku ini menjelaskan secara detail beserta contoh dan cara penerapannya sehingga pembaca lebih mudah mengerti.

PROFIL PENULIS

Adi W. Gunawan adalah pendiri dan sekaligus Direktur ALLindo (The Accelerated Learning Institute and Training Center of Indonesia. Lahir di Tarakan, 21 September 1968.

Adi W. Gunawan mempunyai  Gelar Master di bidang metode pengajaran dan pelatihan berbasis accelerated-learning. Dan juga mengikuti pendidikan S2 jurusan Manajemen Pendidikan di Universitas Negeri Surabaya. 


REVIEW
Dalam buku Genius Learning Strategy ini yang menjadi favorit saya adalah bagian yang ada kuisnya, ada ilustrasinya dan bagian Brain Gym, karena saya bisa mengetahui gaya belajar saya, materi lebih mudah dipahami dengan adanya ilustrasi dan dengan Brain Gym bisa mengetahui profil diri saya.




Di buku ini penulis ingin menyampaikan bahwa dalam Genius Learning kita menempatkan anak sebagai pusat dari proses pembelajaran yaitu sebagai subyek pendidikan. Tidak seperti metode pembelajaran konvensional selama ini yang tidak menghargai harkat kita sebagai manusia.

Proses pembelajaran harus mengakomodasi dua aspek yaitu badan dan batin. Dan jarang ditemukan guru yang benar-benar memperhatikan aspek perasaan atau emosi murid.

Setelah membaca buku ini, saya jadi penasaran dengan buku lainnya yang ditulis oleh penulis. Dengan harga Rp 70.000,-  itu cukup murah dibandingkan dengan ilmu yang diperoleh.

Dan teknik penulisan yang digunakan penulis sangat mudah dipahami dan dengan gaya berceritanya yang spontan, saya bisa membayangkan apa yang diceritakannya.

Terus terang saya baru pertama kali membaca tentang Accelerated Learning dan Genius Learning ini. Tetapi karena banyak contoh beserta cara penerapannya di buku tersebut, saya jadi cepat mengerti.

Buku ini sangat layak untuk dibaca karena dapat membuka pikiran kita tentang metode pembelajaran yang dapat mengembangkan kecerdasan. Direkomendasikan sekali kepada para orang tua dan para pendidik sehingga mereka punya kemampuan untuk memberikan sumbangan pemikiran untuk kemajuan pendidikan Indonesia.

Payakumbuh

AlisA G.

Comments

  1. Wow menarik nih bukunya 😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak. Menarik sekali. Terimakasih sudah berkunjung ^_^

      Delete
  2. Replies
    1. Bukunya sangat menarik dan membuka wawasan. Thank you for comming mbak ^_^

      Delete
  3. Review nya lengkap. Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Trimakasih mbak. Baru belajar nge review. Ini review pertama kali saya coba buat. Trimakasih udah mampir mbak ^_^

      Delete
  4. Jadi penasaran bukunya seperti apa :) terima kasih infonya :)

    ReplyDelete
  5. Proses belajar harus mengakomodasi aspek badan dan batin. Setuju sekali, karena belajar membutuhkan kolaborasi keduanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener bgt mbak...
      Trimakasih udah mampir ^_^

      Delete
  6. Menarik dan penasaran sama bukunya.

    ReplyDelete
  7. Sepertinya bukunya menarik...terimakasih mb, bisa jadi tambahan referensi ini buat saya :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener bgt mbak. Sangat menarik, mencerahkan...

      Delete
  8. Wah ada kuis dan brain gym-nya ya mba, plus jadi tau gaya belajar sendiri juga :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, favorit saya ini kuis2, brain gym nya juga ^_^

      Delete

Post a Comment

Popular Posts