Mendidik Anak Cerdas Finansial Sejak Dini (Day 1)

Game Level 8 
Kuliah Bunsay IIP


Tantangan 10 hari level 8 ini sungguh PR besar bagiku. Sudah mencoba memulai pencatatan keuangan keluarga, tetapi masih belum konsisten mencatatnya.

Sekarang belajar pengelolaan keuangan dan sebagai ibu harus menjadi teladan bagi anak dan bertumbuh bersamanya. Hal ini dilakukan dengan learning by teaching.

Hari ini bunda memulai bersama Kenzie (8y) untuk membuat mini budget per tiga hari. Dimulai dengan diskusi mengenai rezeki dimana Kenzie sudah paham bahwa rezeki datangnya dari Allah. Dan saat bunda tanya, apa itu kebutuhan dan keinginan. Kenzie berkata bahwa dia tidak tahu. Lalu bunda menerangkan bahwa kebutuhan adalah sesuatu yang tidak bisa ditunda dan keinginan adalah sesuatu yang bisa ditunda. Bunda pancing Kenzie untuk memikirkan contoh masing-masing dan Kenzie memakan pancingannya.

Untuk hari pertama, Kenzie memilih untuk membawa nasi dari rumah untuk dimakan saat snack time di sekolah. Dan pagi-pagi sebelum berangkat ke sekolah, Kenzie memilih untuk minum susu dengan roti dicelupkan ke susu.

Kenzie bertanya apakah boleh uang jajan yang berlebih itu dibelikan mainan dan Bunda balik bertanya, apakah mainan itu sesuatu yang mendesak dan Kenzie menjawab tidak. Berarti itu kebutuhan atau keinginan, tanya bunda. Kenzie menjawab itu keinginan. Lalu bunda bertanya, baiknya uang yang berlebih itu dibelikan mainan atau ditabung sebagian, dan Kenzie menjawab bagus ditabung sebagian. Alhamdulillah...semoga bunda dan Kenzie bisa bertambah kemampuannya dalam mengelola keuangan kita ya nak.


Payakumbuh, 1 Februari 2018


Alisa G.


#KuliahBunsayIIP
#Tantangan10Hari
#Level8 
#RejekiItuPastiKemuliaanHarusDicari #CerdasFinansial

Comments

Popular Posts