Mendidik Anak Cerdas Finansial Sejak Dini (Day 2)

Memahamkan Konsep Rezeki


Hari ini Kenzie belum bisa melanjutkan rancangan dalam mini budgetnya karena demam. Jadi bunda hari ini fokus ke 4 adik Kenzie yang semuanya termasuk kategori Anak Usia Dini yaitu kurang dari 7 tahun.

Sambil membersamai anak-anak, bunda mengajak anak-anak berbincang mengenai rezeki. Bunda berkata bahwa bunda bersyukur sekali dikasih rezeki anak-anak yaitu Kenzie, Keisha, Fatir, Ziyad & Zaheed sambil bunda pegang satu persatu sesuai namanya. Keisha, Fatir, Ziyad dan Zaheed tertawa-tawa saat bunda memegang pundaknya masing-masing.

Lalu bunda melanjutkan obrolan bergizi dengan mengatakan bahwa sehat itu rezeki juga, bisa kumpul sama-sama adalah rezeki. Uang adalah bagian kecil dari rezeki, dan rezeki itu datang dari Sang Maha Pemberi Rezeki yaitu Allah,Swt.

Untuk proses menabung, Keisha dan Fatir sudah mulai mengisi celengan masing-masing dengan tujuan untuk ditabung di sekolah.

Keisha bunda tanya, apakah tahu beda kebutuhan dengan keinginan, Keisha menjawab tidak tahu. Dan bunda pun menjelaskan disertai dengan contoh. Membeli beras untuk dimakan sehari-hari, itu adalah kebutuhan. Membeli mainan itu adalah keinginan. Dengan contoh sederhana, semoga Keisha menjadi lebih paham ya nak 



Payakumbuh, 2 Februari 2018


Alisa G.


#KuliahBunsayIIP
#Tantangan10Hari
#Level8 
#RejekiItuPastiKemuliaanHarusDicari #CerdasFinansial

Comments

Popular Posts