Mendidik Anak Cerdas Finansial Sejak Dini (Day 3)


ANAK-ANAK...
CERDAS FINANSIAL SAMA-SAMA YUK...

Cerdas finansial… Hhmm...saya harus belajar banyak bersama anak-anak. Saat kuliah Matrikulasi IIP dulu, kami mendapatkan   contoh pencatatan keuangan rumah tangga berupa file excel lengkap dengan rumusnya. Sampai menjelang akhir 2017 masih konsisten menggunakannya tetapi sekarang kok jadi amburadul.   ðŸ˜¥   

For things to CHANGE I must CHANGE first. Learning by teaching… Kalimat ini terus saya ulang-ulang agar azzam di hati semakin kuat. Hari ini ku mulai lagi menuliskan catatan keuangan rumah tangga.

Setelah mendapatkan materi Mendidik Anak Cerdas Finansial Sejak Dini, terdapat perbedaan dari pencatatan yang saya lakukan sebelumnya, sekarang pencatatan terbagi 4, yaitu Catatan pendapatan, Catatan tagihan, Rencana pengeluaran/belanja, Realisasi pengeluaran/belanja. Sebelumnya ke empat catatan tersebut tergabung menjadi satu.

Bunda berencana mengenalkan pencatatan keuangan seperti di atas, tentunya dalam bentuk yang lebih sederhana. Dan hari ini bunda juga mengajarkan lagi perbedaan kebutuhan dengan keinginan. Contohnya harus diperbanyak lagi biar anak-anak menjadi lebih paham dan harus diulang-ulang setiap hari.

Untuk Fatir, Ziyad dan Zaheed, bunda masih harus sering mengulang-ulang tentang konsep rezeki. Metode nya tentu dengan bercerita sambil menunjukkan semua yang ada di rumah yang merupakan rezeki dari Allah, Swt.





Payakumbuh, 3 Februari 2018


Alisa G.


#KuliahBunsayIIP
#Tantangan10Hari
#Level8 #RejekiItuPastiKemuliaanHarusDicari #CerdasFinansial

Comments

Popular Posts