Mendidik Anak Cerdas Finansial Sejak Dini (Day 7)


Hujan dan Rezeki


Surat Al-Baqoroh ayat 22:
(Dialah) Yang menjadikan untukmu bumi sebagai hamparan dan langit sebagai atap, dan Dia menurunkan air (hujan) dari langit, lalu Dia mengeluarkan dengan hujan itu buah-buahan sebagai rezeki untukmu; karena itu janganlah kalian mengadakan bagi Allah sekutu-sekutu, padahal kalian mengetahui.

Hari ini hujan...saat menemani dan merawat kelima anak dan suami yang lagi demam, batuk dan flu, bunda manfaatkan dengan bercerita kepada anak-anak. Hujan adalah rezeki dari Allah, setiap akibat buruk dari hujan, sebenarnya itu adalah hasil dari perbuatan manusia itu sendiri. Ada yang sukanya menebang pohon di hutan secara liar, ada yang suka membangun gedung-gedung tinggi tanpa memperhitungkan lingkungan sehingga air tidak dapat diserap oleh tanah secara baik.

Air hujan menyuburkan tumbuhan. Semua tumbuhan mendapatkan air yang sama, namun buah yang dihasilkan berbeda. Selama ini kita terkadang suka menyayangkan datangnya hujan, padahal dalam Al Qur'an banyak ayat yang menerangkan bahwa hujan adalah tanda-tanda keesaan Allah SWT bagi orang-orang yang berfikir, karena hujan adalah rahmat dan rezeki yang diturunkan Allah SWT kepada hamba-Nya. Bayangkan jika Allah SWT memberikan azab dengan tidak menurunkan hujan? Keberlangsungan semua makhluk hidup akan terancam. Semoga anak-anak bunda menjadi lebih paham tentang konsep rezeki ya.


Payakumbuh, 7 Februari 2018

Alisa G.


#KuliahBunsayIIP
#Tantangan10Hari
#Level8 #RejekiItuPastiKemuliaanHarusDicari #CerdasFinansial

Comments

Popular Posts