Mendidik Anak Cerdas Finansial Sejak Dini (Day 5)

Pelajaran dari Bedah Rumah

Sesungguhnya setiap makhluk hidup yang terlahir di dunia ini, termasuk manusia, telah Allah Swt jamin rezekinya. Walau demikian, Allah Swt memerintahkan makhluknya untuk menjemput rezeki tersebut.

Allah Swt berfirman dalam surat Al-Jumuah ayat 10:
“Apabila telah ditunaikan shalat, Maka bertebaranlah kamu di muka bumi; dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak supaya kamu beruntung” (QS Al-Jumuah: 10)

Hari ini bunda ingin mengajarkan tentang cara Allah memberikan rezeki kepada manusia. Cara Allah Swt dalam memberikan rezeki kepada makhluknya antara lain melalui jalan yang terduga (min haitsu yahtasib) dan jalan yang tidak terduga (min haitsu laa yahtasib).

Bunda mulai dengan membolehkan anak-anak menonton tayangan bedah rumah. Yah...menonton memang dibatasi jam dan tayangannya sesuai perjanjian dan izin ayah bunda.

Di tayangan Bedah Rumah diperlihatkan bagaimana susahnya hidup sebuah keluarga. Rumahnya tidak layak huni,  pakaian serta makanan pun  pas-pasan malah seringnya kekurangan.

Tetapi di tengah pahitnya hidup, mereka selalu berusaha, tidak menggantungkan nasib pada belas kasihan orang lain. Sembari diiringi dengan doa.

Dan pada suatu hari doa mereka dijawab oleh Allah, datanglah tim Bedah Rumah yang akan membedah rumah mereka. Mereka sujud syukur. Lalu bunda segera menanamkan nilai pentingnya bersyukur atas segala rezeki yang diberikan oleh Allah, Dan salah satu ciri bersyukur adalah tidak membuang-buang makanan dan mensyukuri apapun yg kita peroleh. Semoga lambat laun jadi tambah paham ya nak.



Payakumbuh, 5 Februari 2018


Alisa G.


#KuliahBunsayIIP
#Tantangan10Hari
#Level8 #RejekiItuPastiKemuliaanHarusDicari #CerdasFinansial

Comments

Popular Posts