Menstimulus Matematika Logis pada Anak (Day 15)


Menstimulus Matematika Logis
pada Anak


DAY 15

Kita dapat juga memberikan konsep matematika seperti pemahaman kuantitas, seperti berapa jumlah ikan hias di akuarium. Ketika bersantai di depan rumah, anak diajak menghitung berapa banyak motor yang lewat dalam 10 menit. Kenalkan juga konsep perbandingan seperti lebih besar, lebih kecil dan sebagainya, misalnya dengan menanyakan pada anak roti bolu dengan roti donat mana yang ukurannya lebih besar. Saat kita mengenalkan dan menanyakan pada anak bahwa mobil bergerak lebih cepat daripada motor, pohon kelapa lebih tinggi dari pohon jambu, atau tas kakak lebih berat daripada tas adik, sebenarnya hal ini sudah termasuk mengajarkan anak pada konsep kecepatan, panjang dan berat, sehingga fungsi kecerdasan matematikanya menjadi aktif. (http://sinarmentari4u.blogspot.co.id/2011/11/kecerdasan-logika-untuk-anak.html?m=1).


Kenzie dan Keisha besok ujian akhir semester. Sebagai sarana bermain sambil belajar, bunda sudah membuatkan alat peraga berupa bermacam-macam bentuk geometri yang memang sedang mereka pelajari sekarang. Yang berhubungan dengan pelajaran Kenzie saat ini adalah menebak pola geometri.

Bunda menyusun beberapa bentuk geometri dan bunda mempersilahkan Kenzie untuk memilih bentuk geometri mana yang cocok sehingga terbentuk pola yang benar. Pertamanya Kenzie melakukan sedikit kesalahan, pola selanjutnya yaitu segitiga biru tetapi Kenzie mengambil segitiga pink yang ukurannya pun sedikit lebih besar. Lalu bunda memberikan petunjuk  bahwa bentuk dan warna segitiganya harus sama persis. Kenzie langsung mengerti dan melengkapi pola dengan benar. Malah setelah itu Kenzie menciptakan polanya sendiri juga melengkapinya. Alhamdulillah...Bunda lihat, Kenzie sudah mengerti betul cara melengkapi pola geometri. 😍

Manakah yang Lebih Berat ???

Hari ini stimulus matematika logis untuk Keisha dan Fatir berhubungan dengan pelajaran Keisha di sekolah, yaitu menentukan benda manakah yang lebih berat.

Peralatan yang digunakan sederhana saja yaitu sebuah gantungan baju/hanger, plastik kresek 2 buah dan berbagai benda untuk dibandingkan beratnya.

Fatir juga antusias ikut dalam kegiatan ini. Mereka  berdua membandingkan berat berbagai benda sambil tertawa-tawa. Kenzie ikutan nimbrung dengan menggabungkan 2 benda di dalam satu kantong plastik. Have fun with mathematics… 😄



Kamis, 7 Desember 2017

Alisa G


#Tantangan10Hari
#Level6
#KuliahBunsayIip
#ILoveMath
#MathAroundUs
#Day15


Comments

Popular Posts