Menstimulus Matematika Logis pada Anak (Day 12)


Menstimulus Matematika Logis
pada Anak


DAY 12

Beberapa cara sederhana dibawah ini, merupakan latihan atau cara menstimulasi kecerdasan Matematika dan Logika Balita. Diantaranya :

Gerak dan Lagu.
Gerak dan lagu adalah cara sederhana mengembangkan kecerdasan matematika dan logika Balita. Beberapa syair lagu anak-anak yang diciptakan, juga berisi konsep angka dan berhitung. Seperti, lagu satu dua tiga empat…, lagu satu-satu aku sayang Ibu…, satu ditambah satu sama dengan dua…, dan sebagainya.
Membaca Buku.
Membaca buku, merupakan kegiatan yang menyenangkan untuk memperkenalkan konsep matematika dan logika Balita. Beberapa buku-buku Balita ada yang bergambar menarik, dimana gambar tersebut bisa dihitung. Orang tua dapat mengajak anak membaca buku, sambil menghitung jumlah gambar dibuku. (https://www.kompasiana.com/johanna/enam-cara-sederhana-mengembangkan-kecerdasan-matematika-dan-logi )

Matematika dalam Gerak, Lagu dan Buku



Anak-anak lebih mudah mempelajari sesuatu dengan nyanyian. Dalam menstimulus matematika logis, hari ini bunda nyanyikan lagu Dua Mata Saya untuk Fatir, Ziyad dan Zaheed sambil menunjuk bagian tubuh yang dinyanyikan. Sambil mengenal nama anggota tubuh, juga mempelajari jumlah masing-masing anggota tubuh. 

Ziyad dan Zaheed lalu dibacakan buku berjudul, “Sapi, Si Pendiam Kaya Manfaat”. Di dalam buku ini, terdapat gambar sapi yang bisa dihitung. Mulailah bunda bercerita sambil menghitung jumlah sapinya.

Saat menghitung sapi, bunda letakkan kartu angka pada masing-masing gambar sapi sesuai urutannya. Jadi saat menghitung, anak-anak sekaligus mengenal lambang bilangan.

Bosan membaca buku, Ziyad meminta pena mau corat-coret di kertas sambil berkata,”Bulat-bulat”. Lalu bunda menanggapi,”Oo...mau buat lingkaran ya?!”. Kebetulan ada Cd yang sudah rusak dan bunda berikan pada Ziyad supaya bisa membuat pola lingkaran kecil yang ada di tengah Cd.

Sedangkan Zaheed mau bermain dengan playdough. Memotong-motong dan mencetak playdough menggunakan sendok dan mainannya. Lalu bunda arahkan untuk memotong playdough menjadi bentuk segitiga. Kemaren Zaheed berhasil mengumpulkan beberapa bentuk segitiga. Dan hari ini bunda ulang lagi mengingatkan bentuk segitiga. That’s all for this day. 

Payakumbuh
Senin, 4 Desember 2017

Alisa G


#Tantangan10Hari
#Level6
#KuliahBunsayIip
#ILoveMath
#MathAroundUs
#Day12


Comments

Popular Posts