Menstimulus Matematika Logis pada Anak (Day 14)

Menstimulus Matematika Logis
pada Anak


DAY 14

Hakikatnya, setiap individu itu dalam kehidupannya pasti membutuhkan matematika (meski tingkat sederhana, misal: jual beli). dan, pada prinsipnya setiap anak itu dikaruniai kemampuan matematis, yakni memiliki kemampuan mengenal angka sejak dini bahkan sebelum usia sekolah. anak usia pra-sekolah sudah mengerti tentang kuantitas, misalnya banyak dan sedikitnya benda, jumlah saudaranya, dll. sekarang, tinggal tugas orangtua dan pendidik lah untuk mempertahankan sifat-sifat yang menjadi dasar kecerdasan anak agar bertahan sampai tumbuh dewasa, dengan memberikan faktor lingkungan dan stimulasi yang baik untuk merangsang dan mengoptimalkan fungsi otak dan kecerdasan anak. (http://sinarmentari4u.blogspot.co.id/2011/11/kecerdasan-logika-untuk-anak.html?m=1)

Geometri di Guntingku

Fatir yang sudah berumur 4,5 tahun lagi suka banget menggunting. Sekarang sudah bisa menggunting bentuk geometri. Hari ini Fatir meminta bunda menggambarkan layang-layang berbentuk elips, bentuk hati, belah ketupat dan segitiga untuk nantinya digunting sesuai bentuk geometri tersebut.

Yang pertama digunting adalah bentuk segitiga. Fatir gagal mengguntingnya karena saat menggunting dibagian benang layangan, segitiga tidak sengaja terpotong. Dan untuk layangan geometri lainnya, Fatir berhasil mengguntingnya sesuai gambar. Disini Fatir memang menggunakan gunting kecil yang tajam. Ini dengan pengawasan penuh ya moms.

Malam harinya, Ziyad dan Zaheed minta keluar rumah untuk melihat bintang, tetapi sayang sekali, bintangnya tertutup awan. Lalu Fatir dan Si kembar menemukan katak di dalam pot bunga yang berisi tanah saja. Bunda bertanya, “Berapakah jumlah kataknya?”. Fatir menjawab dengan cepat, “Satu bunda”. Ziyad dan Zaheed masih belum connect. Mereka lebih tertarik dengan bentuk kataknya. Setelah bunda mengulang lagi pertanyaannya, barulah si kembar ikut menjawab. Simple math…




Rabu, 6 Desember 2017

Alisa G


#Tantangan10Hari
#Level6
#KuliahBunsayIip
#ILoveMath
#MathAroundUs
#Day14


Comments

Popular Posts