Menstimulus Matematika Logis pada Anak (Day 13)


Menstimulus Matematika Logis
pada Anak


DAY 13

“Untuk pendidikan matematika dapat diberikan pada anak usia 0+ tahun sambil bermain, karena waktu bermain anak akan mendapat kesempatan bereksplorasi, bereksperimen dan dengan bebas mengekspresikan dirinya. Dengan bermain, tanpa sengaja anak akan memahami konsep-konsep matematika tertentu dan melihat adanya hubungan antara satu benda dan yang lainnya.
Anak juga sering menggunakan benda sebagai simbol yang akan membantunya dalam memahami konsep-konsep matematika yang lebih abstrak. Ketika bermain, anak lebih terstimulasi untuk kreatif dan gigih dalam mencari solusi jika dihadapkan atau menemukan masalah.” (http://sinarmentari4u.blogspot.co.id/2011/11/kecerdasan-logika-untuk-anak.html?m=1 )

Matematika Saat Membaca Buku

Semenjak mempraktekkan games level 5 kuliah BunSay IIP yaitu Menstimulasi Anak Suka Membaca, Fatir, Ziyad dan Zaheed suka mengambil buku sendiri. Kadang melihat-lihat isi buku sendiri, kadang minta bunda membacakannya.

Sekarang, kesukaan membaca buku sekalian aja bunda manfaatkan untuk menstimulasi matematika logis. Hari ini anak-anak minta dibacakan buku serial Si Kumbi yang berjudul Suatu Hari di Museum Seni. Di dalam buku terdapat gambar Kumbi bersama keempat temannya. Saat bercerita, langsung menghitung Kumbi dan teman-temannya yang berjumlah lima. Karena sudah bisa menghitung sampai tiga, sekalian aja bunda kenalkan lagi lambang bilangan dengan meletakkan pada masing-masing gambar.

Matematika di Kaki Capung



Selesai membaca buku, tiba-tiba ada capung terperangkap di dekat jendela. “Ayo tangkap bunda, lalu kita lepaskan”, kata Fatir. Bunda segera mencari plastik untuk menangkap capung, karena geli kalau megang lansung. Dan….hap...ditangkaplah si capung. Lalu bunda ajak untuk menghitung jumlah kaki capung bersama-sama. Matematika ada dimana-mana bukan?! 😄



Payakumbuh
Selasa, 5 Desember 2017

Alisa G


#Tantangan10Hari
#Level6
#KuliahBunsayIip
#ILoveMath
#MathAroundUs
#Day13


Comments

Popular Posts