Menstimulus Matematika Logis pada Anak (Day 10)


Menstimulus Matematika Logis
pada Anak


DAY 10

Satu-satu, aku sayang ibu. Dua-dua, aku sayang ayah. Tiga-tiga, sayang adik kakak. Satu dua tiga sayang semuanya.
Apa hubungan lagu Satu-Satu Aku Sayang Ibu dengan logika matematis? Ternyata pengenalan urutan kesatu, kedua, lalu ketiga itu merupakan salah satu contoh logika matematis. Nah penguasaan logika dan penalaran matematis ini disebut kecerdasan logis matematis. Kecerdasan ini dipopulerkan oleh Howard Gardner, profesor pendidikan di yang memasukkannya sebagai bagian dari kecerdasan majemuk (Multiple Intelligence). Lebih lengkapnya, kecerdasan logis matematis adalah kemampuan memahami suatu kondisi atau keadaan dengan menggunakan perhitungan matematis dan melalui penalaran logika. Fokusnya yaitu kemampuan memecahkan suatu masalah secara logis berdasarkan informasi-informasi yang dimiliki. Sering disebut juga sebagai kemampuan analisis. Jadi, kecerdasan logis matematis tak dibatasi pada kemampuan memecahkan soal hitung-hitungan saja. (http://sinarmentari4u.blogspot.co.id/2011/11/kecerdasan-logika-untuk-anak.html?m=1)

Learn Mathematic with Song, Picture and Playdough

Hari ini bunda menjadikan lagu Balonku Ada Lima sebagai sarana pengenalan matematika logis. Bunda menggambar 5 buah balon berwarna merah, kuning, abu-abu, hijau dan biru. Dan menuliskan urutan angkanya di bawah masing-masing balon. Kebetulan anak-anak mempunyai mainan playdough tapi minus warna abu-abu. Ya udah...4 warna yang ada aja. Keisha, Fatir, Ziyad dan Zaheed memperhatikan bunda menyanyi sambil menunjukkan gambar balon dan bulatan playdough yang bunda letakkan di atas gambar balon. Selesai bernyanyi, bunda sebutkan urutannya dan menunjukkan lambang bilangannya.



Lalu Kenzie, Keisha dan Fatir bermain membuat berbagai macam bentuk menggunakan playdough. Bentuk lurus yang mereka namakan cacing,huruf i dan huruf hijaiyah Alif.  Bentuk setengah lingkaran yang mereka namakan bulan sabit, huruf C dan huruf hijaiyah Nun. Dan macam- macam bentuk lainnya sesuai khayalan masing-masing.




Payakumbuh
Sabtu, 2 Desember 2017

Alisa G


#Tantangan10Hari
#Level6
#KuliahBunsayIip
#ILoveMath
#MathAroundUs
#Day10


Comments

Popular Posts