PROJECT 2 RBI Day 51

€DU PLAY & LEARN
Kids Portfolio

Kacau yang Bermakna

Jurnal Harian Anak
★Nama Anak:
  1. Kenzie (8,5y)
  2. Keisha (7y3m)
  3. Fatir (5y4m)
  4. Ziyad (3y3m)
  5. Zaheed (3y3m)
★Keterampilan yang diasah: Fitrah Belajar, Fitrah Perkembangan, Fitrah Seksualitas
★Sikap yang ditumbuhkan:  Kerjasama, Saling menyayangi
★Deskripsi:

Terlihat berantakan sekali bukan? 😊 Yah...memang berantakan dan kacau tetapi itu adalah kacau yang bermakna.

Anak-anak lagi suka bermain pretend play. Mereka bermain peran sebagai sebuah keluarga dimana Kenzie berperan sebagai papa dan Keisha sebagai mama. Fatir, Ziyad dan Zaheed sebagai anak-anaknya.

Anak-anak memanglah peniru ulung. Cara Kenzie dan Keisha membujuk anak-anak mandi, makan dan tidur dalam permainan peran yang mereka mainkan meniru gaya bunda. Yang lucunya, Fatir, Ziyad dan Zaheed bisa memainkan perannya dengan baik, sesuai arahan dari Kenzie dan Keisha si pengatur jalan cerita.

Awalnya anak-anak bermain di atas kasur. Mereka menjadikan bantal dan selimut sebagai pembatas area bermainnya. Berantakannya jangan ditanya. Tetapi bunda memang membiarkan saja karena udah ada komitmen, mereka akan merapikan lagi setelah selesai bermain.

Setelah selesai bermain di kasur mereka membereskannya. Untuk beberapa lama anak-anak bermain bebas. Lalu Kenzie tiba-tiba menggeser letak kursi tamu. “Wah ada apa ini”, tanya bunda. “Kami mau bermain disini bunda”, jawab Kenzie. “Hhmmm...gimana donk kalo ntar ada tamu”, kata bunda. “Aaaa...bolehlah bunda, kami mau main disini, di tempat lain ga enak mainnya”, rayu Kenzie…

Bunda berpikir sejenak lalu berkata boleh main di ruang tamu ini selama 1,5 jam sampai sebelum waktu zuhur. Kenzie setuju dan memang hanya deal dengan Kenzie karena biasanya adik-adiknya ngikut aja sama Kenzie sang pemimpin yang bijaksana sesuai arti namanya. 😊


Payakumbuh, 01 Juli 2018

Alisa G.



#RuangBerkaryaIbu
#IbuProfesional
#MandiriBerkaryaPercayaDiriTercipta
#KenaliPotensimuCiptakanRuangBerkaryamu
#Proyek2RBI
#Day51
#EduPlay&Learn


Comments

Popular Posts