PROJECT 2 RBI Day 73

€DU PLAY & LEARN
Kids Portfolio

Membuat Playdough dan Membentuknya

Jurnal Harian Anak
★Nama Anak:
  1. Fatir (5y4m)
★Keterampilan yang diasah: Fitrah Belajar dan Bernalar, Fitrah Perkembangan
★Sikap yang ditumbuhkan:  Tekun, Cermat, Kreatif
★Deskripsi:

Hari ini di sekolah, Fatir ada kegiatan membuat playdough dari bahan tepung terigu, air, minyak goreng, garam dan pewarna. Awalnya Fatir tidak mau ikutan membuat playdough karena tidak suka rebutan sama teman-temannya. Akhirnya setelah bunda ikutan mengaduk-aduk adonan playdough, Fatir akhirnya mau juga ikutan.

Fatir memang masih ditemani sama bunda saat belajar di Paud. Setelah adonan playdough tadi teraduk merata, tibalah saatnya untuk membentuknya. Pertamanya Fatir belum punya ide, dan Fatir yang tipenya suka mengamati sekitarnya tiba-tiba ada ide. Saat Fatir mengamati, bunda idenya membuat huruf dan ternyata ide Fatir lebih brillian. “Fatir mau buat ulat, kepompong kupu-kupu bunda”, kata Fatir sambil menunjuk gambar metamorfosis kupu-kupu yang ada di dinding. Wow...bunda takjub juga dengan idenya Fatir.

Pertama-tama Fatir membentuk playdough menjadi kepompong, lalu membuat telur ulat yang menempel di daun, lanjut dengan membentuk ulat dan kupu-kupu. Pada bagian membentuk kupu-kupu, Fatir agak kebingungan, bagaimana caranya membuat kupu-kupu. Bunda lalu membantu membuat bagian tengah kupu-kupu dan selanjutnya Fatir sendiri yang melengkapi sayap kupu-kupunya.

Syukurlah bunda sempat mengabadikan hasil karya Fatir dengan memfotonya, walaupun saat sayap kupu-kupunya lengkap, bunda belum sempat memfoto dan ternyata Fatir dengan sigap telah menghancurkannya menjadi bulatan besar untuk dibentuk menjadi bentuk yang baru. Huehehe… Semangat terus ya nak. Semoga tambah mandiri. 😍


Payakumbuh, 23 Juli 2018

Alisa G.



#RuangBerkaryaIbu
#IbuProfesional
#MandiriBerkaryaPercayaDiriTercipta
#KenaliPotensimuCiptakanRuangBerkaryamu
#Proyek2RBI
#Day73
#EduPlay&Learn



Comments

Popular Posts