Menstimulus Matematika Logis pada Anak (Day 3)


Menstimulus Matematika Logis
pada Anak


DAY 3



Matematika Asyik Saat Ngemil dan Bermain

Si kembar sangat suka makan buah jeruk. Saat mereka makan jeruk, tiba-tiba bunda teringat, ahaa… ini bisa mengenalkan bahwa buah jeruk ternyata bentuknya seperti bola. Lalu bunda mengambil bola kecil untuk membandingkan bentuk bola dengan jeruk. Saat bunda bilang, “Ini bola”. Mereka pun mengikuti bunda dengan suara cadelnya. Saat bunda bilang, “Ini jeruk.. bentuknya bulat seperti bola”. Sambil meletakkan bola dan jeruk berdampingan. Mereka berkata, “Jeluk… ola”. Huehehe… Mudah-mudahan paham ya nak. Anak-anak butuh perulangan agar semakin paham. Next time kita ulang lagi dengan bentuk yang lebih bervariasi ya.

Fatir yang sangat menyukai mempelajari bentuk-bentuk geometri, hari ini sangat asyik menyusun dan menggabungkan 2 - 4 bentuk menjadi bentuk geometri yang baru. Seperti menggabungkan 2 bentuk segitiga sehingga terbentuk persegi empat dan persegi panjang. Menggabungkan 2 bentuk segitiga menjadi bentuk belah ketupat. Menggabungkan 2 segitiga kecil dengan jajaran genjang sehingga terbentuk persegi panjang. Bunda mendokumentasikannya sebagai berikut:



Math in The Yard

Kenzie dan Keisha sedang bermain-main di halaman. Lalu bunda dapat ide, bermain tebak benda. Pertama-tama bunda menanyakan, siapa yang tahu, pipa paralon yang menancap ke tanah ini bentuknya seperti apa? Keisha agak berpikir, sedangkan Kenzie yang sudah kelas 2 SD menjawab dengan cepat bahwa pipa tersebut bentuknya seperti silinder. Keisha pun menjawab, “Oh iya… silinder bunda”. Lalu bunda suruh mencari benda apa saja yang ada disekitar rumah yang berbentuk balok dan kubus. Mereka berdua bisa menunjukkan dengan mudah dan semangat.^

Lalu Kenzie yang balik bertanya pada bunda (pertanyaan menguji), berapakah jumlah rusuk balok. Bunda menjawab 12. Benarrr bunda, katanya. Lalu Kenzie bertanya lagi, berapakah jumlah titik sudut limas segiempat. Lalu bunda pura-pura mikir lama. Kenzie lalu berkata, “Bunda ga tahu yaa… jumlahnya lima”. Hehehe… semua senang, semua gembira. Bunda sampai lupa mengambil dokumentasinya, keasyikan bermain bersama anak-anak di halaman rumah.


Sabtu, 25 November 2017

Alisa G


#Tantangan10Hari
#Level6
#KuliahBunsayIip
#ILoveMath
#MathAroundUs
#Day3


Comments

Popular Posts