Menstimulus Matematika Logis pada Anak (Day 4)


Menstimulus Matematika Logis
pada Anak


DAY 4

Anak usia dini adalah masa-masa indah untuk bermain. Maka banyak pakar yang merekomendasikan agar anak usia dini tidak diberikan pelajaran baca tulis dan berhitung atau calistung. Lalu bagaimana caranya agar anak terbiasa dengan hitungan sejak dini?

Sebagai solusinya adalah dengan permainan yang berisi pendidikan berhitung. http://mangwaskim.blogspot.com/2015/12/permainan-berhitung.html?m=1

Belajar Konsep Nol (0) Menggunakan Bola

Untuk Fatir, Ziyad dan Zaheed yang masih balita, permainan berhitung ini cukup menarik bagi mereka terutama Fatir yang memang menyukai simbol. Selain memang umur Fatir yang sudah 4,5 tahun tentu minat belajar dan kemampuan berkonsentrasinya lebih lama dari si kembar yang masih 2,5 tahun.

Setelah membaca artikel di link tersebut, saya mengadosi permainan berhitungnya dan disini saya gunakan bola mainan berwarna-warni. Sepuluh buah bola dimasukkan ke dalam wadah, lalu dibagi satu persatu untuk Fatir, Ziyad dan Zaheed. Lalu sisanya dihitung bersama-sama sampai bolanya habis, tidak tersisa lagi di dalam wadahnya. Itulah konsep nol dan perlihatkan lambang angka nol. Lalu masukkan lagi bola satu persatu ke wadahnya sambil dihitung lagi bersama-sama. Bermain menyenangkan tapi tetap mengedukasi anak untuk berhitung secara dini. Berikut dokumentasinya: 



Payakumbuh

Minggu, 26 November 2017

Alisa Gumala

#Tantangan10Hari
#Level6
#KuliahBunsayIip
#ILoveMath
#MathAroundUs
#Day4





Comments

Popular Posts