Menstimulus Matematika Logis pada Anak (Day 7)


Menstimulus Matematika Logis
pada Anak

DAY 7

Menghitung (counting)
Kegiatan menghitung benda-benda yang bisa dipersepsi secara fisik (dipegang, dilihat) oleh anak adalah pintu masuk bagi anak untuk belajar menghitung (counting). Proses ini diserap anak melalui pengamatannya terhadap kegiatan yang dilakukan orangtua bersamanya. Oleh karena itu, penting bagi orangtua untuk mengajak anak mengobrol, menceritakan/menyuarakan kegiatan-kegiatan yang dilakukannya. Sambil bermain dan mengobrol, orangtua menghitung mata, jari, atau benda-benda di sekitar anak dengan suara keras.

Anak mungkin belum mengerti tentang lambang angka, tetap dia akan mencerna proses berhitung yang sering didengarnya. Menyuarakan dengan keras hitungan 1, 2, 3, dst yang berhubungan dengan benda/hal sehari-hari akan membuat anak terbiasa mendengarkan dan menyerap proses berhitung, yang akan bermanfaat seiring perkembangan usia dan kesiapan otaknya. (http://rumahinspirasi.com/belajar-logika-matematika-untuk-balita/ )

Matematika Saat Makan Biskuit
Fatir dan si kembar sudah siap mandi dan makan pagi. Saat bermain-main sambil ngemil biskuit, Fatir bunda stimulus dengan mengarahkan Fatir untuk membagikan biskuit yang ada di piring untuk Ziyad, Zaheed, Bunda dan Ayah. Bunda sengaja meletakkan 9 buah biskuit di piring. Mau melihat reaksi Fatir saat membagikan 2 biskuit untuk masing-masing orang dan ternyata 1 orang cuma dapat satu.

Fatir membagikan biskuit sambil menghitungnya. Dua masing-masing untuk Ziyad, Zaheed, Bunda dan saat mau memberikan biskuit untuk ayah, Fatir berteriak,”O oow….untuk Ayah tinggal satu”. Nah… memang reaksi itu yang bunda tunggu hehehe…

Ziyad dan Zaheed yang masih 2,5 tahun sudah bisa berhitung sampai tiga. Saat Fatir menghitung dan mereka mendapat 2 biskuit, mereka ikut berhitung 1… 2… Seperti yang tertulis pada artikel di atas, hal ini menjadi pintu masuk belajar menghitung (counting). Ini dia aksi kami, ngemil biskuit sambil belajar menghitung:


Kenzie sepulang sekolah langsung sibuk dengan Lego Eagle Warriornya. Menyusun lego memang hobby Kenzie sedari balita. Rencana bunda mau mengajak Kenzie dan Keisha untuk bermain pada permainan Kartu Teman Besar dan Kartu Teman Kecil tetapi mereka tidak mau. Yo wis… lanjut dulu dengan permainan yang mereka mau. ^_^ Bermain adalah sesuatu yang menyenangkan. Dan rasa senang tidak akan didapat jika ada keterpaksaan.

Rabu , 29 November 2017

Alisa Gumala

#Tantangan10Hari
#Level6
#KuliahBunsayIip
#ILoveMath
#MathAroundUs
#Day7


Comments

Popular Posts