Menstimulus Matematika Logis pada Anak (Day 6)


Menstimulus Matematika Logis
pada Anak


DAY 6

Berikut beberapa permainan untuk menstimulus Matematika Logis pada Anak-anak saya:

Matematika di Jariku

Fatir 4,5 y hari ini mau menggunting-gunting kertas origami berukuran kecil yang ada lem di salah satu sisinya. Fatir mengguntingnya menjadi berukuran kecil dan ditempelkannya di kelima kuku jari kanan. Seperti kuku panjang palsu tetapi ditempelnya bukan di kuku hehehe. Langsung bunda suruh menghitung berapa banyak kuku palsunya. Dan lanjut menghitung jari yang tidak ditempel kuku palsu. Setelah itu digabung menghitung jari yang ditempel kuku palsu dan yang tidak ditempel kuku palsu.



Alhamdulillah… Fatir bisa menghitung dengan benar, terkendala sedikit saat memisahkan perhitungan antara tangan kanan yang ditempel kuku palsu dan kiri yang tidak ditempel. Ini dia kuku palsu made in Fatir:




Bermain Mengurutkan Angka Menggunakan Kartu Angka

Keisha hari ini bermain mengurutkan angka menggunakan kartu angka buatan bunda. Pertama-tama mengurutkan angka sesuai urutannya mulai dari 11 - 20. Setelah itu mengurutkan angka mulai dari yang terkecil secara berurutan, lalu mulai dari yang terbesar secara berurutan. Lalu berlanjut dengan bilangan yang berpola mulai dari yang terkecil  dan juga dimulai dari yang terbesar. Ini memang berhubungan dengan pelajaran matematika Keisha di sekolah.



Permainan Kartu Angka Genap Ganjil

Nah… dengan Kenzie, kartu digunakan untuk main angka genap ganjil. Prinsipnya mirip dengan bermain kartu remi, tetapi disini menggunakan angka. Bunda menerangkan dulu kepada Kenzie, apa yang dimaksud angka ganjil dan genap beserta contohnya. Lalu mulailah kami bermain. Awal-awal masih terdapat kesalahan, Kenzie masih salah dalam menentukan angka genap dan ganjil. Setelah beberapa lama, Kenzie mulai mahir bermain angka genap ganjil. Ketika mau memulai lagi bermain, adik-adik mau ikutan bermain juga, tepatnya mengacaukan permainan huahehehe. “Besok bunda buatkan lagi kartu ya nak,” kata bunda. Jadi saat kita bermain, adik-adik juga punya kartu. Here we go…

Selasa , 28 November 2017

Alisa Gumala

#Tantangan10Hari
#Level6
#KuliahBunsayIip
#ILoveMath
#MathAroundUs
#Day6







Comments

Popular Posts