Menstimulus Matematika Logis pada Anak


Menstimulus Matematika Logis
pada Anak


DAY 2

Hari ini baca-baca literatur di http://rumahinspirasi.com , saya mengutip paragraf berikut:
“Matematika dan logika bukan hanya tentang lembar kerja dan mengerjakan soal tertulis. Belajar matematika jauh lebih luas dari itu semua. Matematika & logika ada di mana-mana, di dalam keseharian.

Bangun tidur kita melihat dan membaca jam. Bagian rumah kita dikelompokkan menurut fungsinya. Ketika memasak nasi kita memperkirakan jumlah beras yang dimasak. Keluar rumah kita memperkirakan jarak tempuh dan waktu perjalanan. Naik kendaraan kita menghitung ketersediaan bahan bakar. Berbelanja kita melakukan transaksi uang. Dan sebagainya.

Dengan pemahaman bahwa matematika ada di mana-mana, kita tak perlu merasa takut dan trauma terhadap matematika. Matematika bisa dipelajari anak dengan cara menyenangkan, melalui proses informal yang terjadi sehari-hari.”

Mathematic in Bathroom
Dan setelah baca-baca artikel di atas, dapat inspirasi kegiatan belajar sambil bermain untuk ketiga balitaku Fatir, Ziyad dan Zaheed yaitu bermain tuang air dengan takaran 3 wadah yang berbeda ukuran. Saat menuang air ke wadah yang lebih besar, bunda suruh sambil berhitung. Dan saat main tuang air dapat momen AHA saat secara tidak sengaja tutup wadah yg terkecil jatuh dan lengket di dinding bak air karena daya tarik air yang terdapat pada celah tutupnya. Fatir sangat tertarik dan bersorak melihatnya. Berikut dokumentasinya:

Pola Bilangan pada Lego
Keisha hari ini belajar pola bilangan menggunakan lego. Kalau kemaren menggunakan buah Sago dan yang ditebak adalah pola yang terakhir. Sekarang bunda merubah dengan mengosongkan diantara beberapa pola. Dan alhamdulillah Keisha bisa menjawab dengan benar. Sepertinya Keisha sudah menguasai pola bilangan. Besok lanjut dengan tema yang lain.

Kenzie hari ini lagi kurang mood karena gigi susu yang goyang terasa agak sakit. Hari ini Kenzie bermain menyusun lego. Lego disusun dari tingkatan terendah berangsur-angsur tambah tinggi dengan pola yang teratur. Berikut dokumentasinya:


Begitulah cerita hari ini dalam menstimulus matematika logis pada anak-anak.

Jum’at, 24 November 2017

Alisa G


Comments

Popular Posts