Menstimulus Matematika Logis pada Anak (Day 8)

GAMES LEVEL 6
KULIAH BUNSAY IIP
Menstimulus Matematika Logis
pada Anak

DAY 8

“Selain percakapan mengenai sebab-akibat, menghitung, dan mengenal angka, orangtua perlu menggunakan kosa kata perbandingan dalam cerita dan obrolan bersama anak-anak. Kata-kata perbandingan itu antara lain: besar/kecil, banyak/sedikit, tinggi/pendek, atas/bawah, dan lain-lain”. (http://rumahinspirasi.com/belajar-logika-matematika-untuk-balita/ )

Fun with Lego; Mengenal tinggi/pendek
Fatir juga menyukai permainan lego sama seperti abangnya Kenzie. Fatir yang menyukai kerapian, bisa menyusun lego dengan berurutan mulai dari yang terpendek sampai ke yang terpanjang. Fatir juga punya solusi sendiri, bagaimana cara menyusun lego agar antara susunan yang satu dengan yang lain bisa menyatu, yaitu dengan memasang lego yang lebih panjang di bagian paling atas untuk menyatukan susunan lego satu sama lainnya. My smart boy. Inilah Fatir dengan lego berjenjangnya:


Temukan Segitigamu
Si kembar bunda, Ziyad dan Zaheed belajar mengenal bentuk geometri. Sebelumnya sudah bunda kenalkan dengan beberapa bentuk geometri. Dan sekarang bunda mau menguji ingatan si kembar.

Bunda meletakkan secara acak beberapa bentuk geometri di lantai, dan bunda menyuruh Ziyad dan Zaheed memilih bentuk segitiga. Zaheed yang duluan memilih. Dan Zaheed berhasil mengumpulkan beberapa bentuk segitiga.

Ketika bunda menyuruh Ziyad mengambil bentuk segitiga, pertamanya Ziyad kurang fokus dan mengambil bentuk lingkaran sambil berkata,”Nkaran”. Maksudnya lingkaran, karena belum bisa bicara dengan jelas. Lalu bunda berkata agar sekarang mengambil bentuk segitiga. Dan akhirnya Ziyad pun mengambil beberapa bentuk segitiga. Bravo my twins. 










Comments

Popular Posts