Menstimulus Matematika Logis pada Anak (Day 5)


Menstimulus Matematika Logis
pada Anak



DAY 5

Matematika sejatinya ada di sekitar anak-anak dalam kesehariannya. Dan kebetulan hari ini Kenzie dibelikan hadiah Lego Eagle Warrior 323pcs. Bunda aja pusing liat lego segitu banyaknya, banyak yang kecil-kecil pula part nya. Jadi untuk Kenzie, hari ini judulnya adalah Fun Math with Lego.

Lego bentuknya macam-macam, ada persegi panjang dengan berbagai ukuran, persegi empat dengan berbagai ukuran dan lainnya. Perseginya ada yang satu baris, ada yang dua baris. Jadi saat menyusun lego, diperlukan menghitung jumlah tonjolan lego yang sesuai dengan buku petunjuk agar sesuai dengan bentuk yang diinginkan. Sekalian belajar bilangan genap dan bilangan ganjil saat Kenzie menyusun lego. Kenzie berhasil menyusun bentuk Kapal lalu dibongkar lagi dan menyusun bentuk yang kedua yaitu bentuk pistol. Beginilah penampakannya:


Untuk Keisha, kegiatannya berjudul Fun Math with My Hand. Keisha mengukur panjang berbagai benda menggunakan tangannya dengan satuan tidak baku, yaitu jengkal, depa dan hasta. Keisha melakukan pengukuran sambil tertawa-tawa. Banyak yang diukur Keisha, ada dinding, meja, pintu, meja makan, sapu dan lemari. Inilah gaya Keisha mengukur:



Selanjutnya si kembar, dengan kegiatannya yang berjudul Bermain Sambil Mengelompokkan Bentuk Geometri. Ziyad dan Zaheed pertamanya bunda suruh mengelompokkan berdasarkan warna sambil berhitung. Tetapi mereka tidak menggubris. Trus kata si ayah, suruh kelompokkan berdasarkan bentuk geometri yang sama aja. Ternyata benar , setelah bunda ubah perintahnya menjadi mengelompokkan berdasarkan bentuk geometri yang sama, si kembar berhasil melakukannya. Bravo my twins… Inilah  cekrek cekreknya:



Alisa Gumala

#Tantangan10Hari
#Level6
#KuliahBunsayIip
#ILoveMath
#MathAroundUs
#Day5




Comments

Popular Posts