PROJECT 2 RBI Day 20

€DU PLAY & LEARN
Kids Portfolio



Jurnal Harian Anak
★Nama Anak:
  1. Ziyad (3y1m)
  2. Zaheed (3y1m)
  3. Fatir (5y2m)
★Keterampilan yang diasah: Fitrah Belajar, Fitrah Perkembangan
★Sikap yang ditumbuhkan: Peduli kebersihan, Nalar
★Deskripsi:
Anak-anak bunda bawa ke kedai. Oma lagi berjualan kue lebaran. Saat melihat sapu teras yang kebetulan ukuranya agak kecil dan ringan, Zaheed berinisiatif untuk menyapu teras. Lalu mulai merembet ke halamannya. Bunda memberi tahu bahwa sapu itu adalah untuk lantai, bukan sapu tanah. Zaheed mencoba juga menyapu tanah sebentar dan akhirnya menyapu lantai lagi. Bolak-balik antara menyapu lantai dan menyapu tanah. Hehehe...menguji bunda rupanya.

Menyapu tanah mempunyai kesenangan tersendiri karena saat disapu, nampaklah debu-debu beterbangan. Begitu juga dengan Ziyad. Zaheed memberikan sapunya kepada Ziyad dan Ziyad juga melakukan hal yang sama. Bolak-balik antara menyapu teras dan menyapu tanah.

Disaat Ziyad mengalami kesulitan menyapu debu lantai yang terhalangi tangga kayu yang tergeletak di lantai, Fatir berinisiatif menolong Ziyad menyapu debu diantara anak tangga. Kerjasama yang apik. 😄   Setelah selesai, sapu diberikan lagi ke Ziyad. Ziyad lanjut lagi menyapu lantai dan juga menyapu tanah. Malah Ziyad lebih sering menyapu tanah daripada lantai dan untuk akhirnya bunda harus mengalihkannya ke kegiatan yang lain karena debu yang dihasilkan dari aktifitas menyapu tanah sangat lumayan. 😀

Kedai terdiri dari 2 petak dan bunda duduk di kedai sebelah. Awalnya Ziyad duduk di pangkuan bunda dan tiba-tiba turun dan berlari kencang ke kedai sebelah. Heran...kenapa Ziyad tiba-tiba berlari. Bunda ikut berlari mengejar Ziyad. Rupanya Ziyad mengambil kursi plastik yang persis seperti kursi yang bunda duduki tadi. Wah...Ziyad merasa ga leluasa ya, duduk dengan bunda.

Tak lama kemudian, Zaheed rupanya ikut memperhatikan dan segera pula berlari ke kedai sebelah untuk mengambil kursi buat dirinya. Hahaha...my smart boys. Selalu buat bunda tersenyum melihat tingkahnya.


Payakumbuh, 31 Mei 2018

Alisa Gumala



#RuangBerkaryaIbu
#IbuProfesional
#MandiriBerkaryaPercayaDiriTercipta
#KenaliPotensimuCiptakanRuangBerkaryamu
#Proyek2RBI
#Day20
#EduPlay&Learn



Comments

Popular Posts