Tugas Materi 5 Ruang Berkarya Ibu Project 2


Membuat Big Picture Keluarga sesuai Kombinasi Bakat Diri dan Pasangan


Materi ini didapat dari maestro yang luar biasa pak Dodik Maryanto. Kali ini disuruh memikirkan potensi apa saja yang dimiliki bersama suami (input)  sehingga nanti bisa dirancang hasil yang ingin dicapai (output) berdasarkan potensi yang kami miliki.

Potensi suami yaitu mempunyai banyak pengalaman di bidang penjelajahan alam. Sebagai anggota aktif dari Mahasiswa Pecinta Alam semenjak kuliah, beliau punya cukup pengalaman untuk membawa anggota keluarga berkegiatan di alam. Pengetahuan tentang alam bisa digunakan untuk membersamai anak-anak belajar di alam. Sebagaimana pepatah Minang, Alam Takambang jadi Guru. Akan banyak sekali fitrah-fitrah yang akan terbangkitkan saat belajar di alam.

Potensi saya yaitu aktif mempelajari ilmu pendidikan anak dan keluarga, sedang belajar ilmu kepenulisan juga serta ilmu desain grafis. Ini sangat berguna tentunya dalam membersamai anak-anak dalam rangka Home Education mendampingi mereka dalam membangkitkan fitrah-fitrah yang sudah terinstal di dalam diri mereka, terutama fitrah keimanan dan tauhid serta fitrah belajar. Fitrah lainnya akan mengikut setelah kedua fitrah yang utama ini (menurut saya) sudah baik.

Ilmu kepenulisan saya bisa digunakan dalam membuat portofolio anak serta ilmu desain grafis bisa digunakan dalam membuat jurnal belajar anak yang bagus dan punya nilai estetika.

Kalau diringkas dapatlah poin-poin berikut:

Input:
Potensi ayah:
>> ilmu tentang kegiatan di alam

Potensi bunda:
>> ilmu pendidikan anak dan keluarga
>> ilmu kepenulisan
>> ilmu desain grafis

Output:
>> Ayah bunda menjadi teladan dalam kesolehan dan dalam belajar
>>  Membawa anak-anak berkegiatan sambil belajar di alam
>> Bangkitnya fitrah keimanan & tauhid dan fitrah belajar anak setelah itu akan diikuti oleh fitrah lainnya
>> Membuat portofolio dan jurnal belajar anak


Payakumbuh, 2 Mei 2018

Alisa G.



#RuangBerkaryaIbu
#Proyek2
#TugasMateri5
#KenaliPotensimuCiptakanRuangBerkaryamu 

Comments

Popular Posts