Semua Anak adalah Bintang (Day 1)

LIMA BINTANG KELUARGA


“Izinkanlah anak menghabiskan sebagian besar waktunya untuk mempelajari sesuatu yang membuat matanya berbinar-binar, maka kita sedang mengizinkan lahirnya MAESTRO BARU. Ini namanya membuat gunung.” (Materi Games Level 7 Kuliah BunSay 2 IIP)

Beranjak dari kalimat tersebut, bunda mulai memetakan apa saja aktivitas anak-anak dalam kehidupan sehari-hari yang membuat mata mereka berbinar-binar.


Kenzie (8y) sangat suka menyusun lego. Mulai dari lego standar yang sudah dipunyainya semenjak berumur 1 tahunan sampai sekarang menyusun lego dengan bentuk yang lebih rumit. Sekarang Kenzie punya 4 kotak lego yang bisa disusun menjadi bentuk robot, mobil, kapal laut, helikopter dan pesawat terbang. Legonya berukuran lebih kecil dibanding lego standar. Bahkan ada yang printilannya keciill banget. Bunda aja pusing melihatnya.😅   

Kekuatan yang dipunyai Kenzie dalam proses menyusun lego adalah Kenzie sangat Enjoy menyusunnya. Juga pantang menyerah, tidak mau berhenti sebelum bentuk lego yang diinginkan selesai. Kalau tidak diingatkan bisa-bisa lupa makan, mandi, sholat dan tidur. 😓  

Proyek Kenzie selama 7 hari kedepan adalah bisa menyusun lego tanpa melihat petunjuk di buku. Setelah 7 hari akan dievaluasi, bagaimana proses dan hasilnya.

Salah satu aktivitas yang disenangi Keisha (6y9m) adalah bermain peran. Dan kali ini temanya adalah bermain peran menggunakan lego yang berhasil disusun Kenzie. Helikopter dan kapal yang berhasil dibuat Kenzie dijadikan sebagai alat untuk bermain peran sebagai polisi dan petugas kesehatan yang menolong korban kecelakaan laut.

Alat bantu lain yang digunakan dalam bermain peran atau pretend play adalah boneka-boneka kecil sebagai petugas kesehatan dan sebagai korban kecelakaan. Sedangkan untuk polisi, sudah ada boneka kecil polisi dari lego. Kekuatan Keisha adalah bersungguh-sungguh dalam memainkan perannya.

Dan proyek untuk Keisha yaitu memasukkan nilai-nilai agama, kemanusiaan, norma dan sopan santun dalam setiap permainan perannya. Sehingga Keisha bisa mempelajari hal tersebut sambil bermain.


Fatir (4y10m), Ziyad (2y10m) dan Zaheed (2y10m) sangat menyukai membaca buku. Semenjak games level 5 yaitu Menstimulasi anak suka membaca, mereka bertiga yang masih sama bunda aja di rumah dan ber homeschooling ala-ala dengan bunda, suka sekali membaca. Kekuatan mereka adalah mereka sudah punya inisiatif untuk mengambil buku sendiri dan meminta bunda menjelaskan isi buku.

Dan proyek untuk mereka bertiga adalah mencari bentuk nyata dari isi buku. Kali ini mereka dibacakan buku tentang Cuaca dan Iklim. Judulnya serius amat yah hehehe… tetapi yang mereka amati adalah gambar berbagai jenis awan. Bunda membawa mereka bertiga duduk di teras dan membandingkan gambar awan dengan awan yang sebenarnya. Mereka sangat excited.


Payakumbuh, 05 Januari 2018

Alisa G.



#Tantangan10Hari
#Level7
#KuliahBunsayIIP
#BintangKeluarga

Comments

Popular Posts