Semua Anak adalah Bintang (Day 10)

Cerita Bintangku Hari Ini


Kali ini bunda membawa si kembar ke acara pertemuan wali murid SD tempat si abang dan si uni bersekolah. Biar si kembar lebih anteng, tidak lupa bunda bawakan buku-buku kesukaan mereka. Dan benar saja, mereka sangat senang karena ada buku kesukaan mereka. Saat membaca buku, datanglah Keisha bersama kak Qori, meminta izin mengajak si kembar bermain bersama. Bintang kembar, favorit para kakak karena mereka juga suka sekali bermain dengan para kakak.

Sesampainya di rumah, si kembar meminta untuk naik lagi ke atas mobil. Lagi pada suka sekali main manjat-manjat. Saya memang tidak terlalu melarang anak-anak memanjat, yang penting dalam pengawasan. Kegiatan memanjat itu ada manfaatnya. Selain untuk melatih keterampilan motorik, kegiatan memanjat juga bisa meningkatkan kapasitas memori otak lho moms. Menurut peneliti, semakin tinggi kapasitas memori atau daya ingat seseorang, maka akan lebih baik memproses suatu informasi yang diterima oleh otak. Selengkapnya bisa dibaca disini  ðŸ‘‰ http://lifestyle.kompas.com/amp/read/2015/08/03/102542123/Memanjat.Pohon.Ternyata.Bermanfaat.untuk.Otak

Lelah bermain panjat kursi mobil, si kembar masuk ke dalam rumah dan bermain buah potong. Selain pengenalan bentuk dan warna buah-buahan, mainan buah potong ini dapat melatih motorik halus dan sensorik. Juga dapat merangsang kemampuan imajinatif dan eksploratif anak yang akan menjadi pondasi untuk berpikir logis. Dalam permainan buah potong, bunda menggabungnya dengan pretend play. Jadi bunda posisikan anak-anak sebagai penjual buah, dan bunda serta saudaranya yang lain sebagai pembeli, yang menginnginkan buahnya langsung dikonsumsi setelah dipotong-potong. Anak-anak biasanya suka sekali dengan peran ini dan tambah semangat memotong-motong buahnya. 😆

Lanjut ke cerita Kenzie dan Keisha yang lagi suka banget bermain panahan. Proyek panahannya yaitu menembak target setepat mungkin, memperoleh hasil yang lumayan memuaskan untuk pemula. Kegiatan memanah dapat melatih fisik, melancarkan peredaran darah, melatih koordinasi otak dengan otot, melatih konsentrasi, melatih kesabaran dan emosi juga meningkatkan kepercayaan diri. Saat kita berhasil menembak sasaran dengan tepat rasanya senang sekali bukan ?!

Capek bermain panahan, Kenzie, Keisha dan Fatir bermain lompat tali di dalam rumah. Ini proyeknya adalah melatih rasa kebersamaan beradik kakak dan kerjasama. Maklumlah, dengan rentang usia yang berdekatan tentu rawan usil mengusili dan rawan konflik. Tetapi berdamainya juga bisa dalam waktu sekejap mata hahahaha… Alhamdulillah… lima bintang yang membuat mata bunda juga ‘berbintang’.



Payakumbuh, 14 Januari 2018

Alisa G.



#Tantangan10Hari
#Level7
#KuliahBunsayIIP
#BintangKeluarga
#Day10





Comments

Popular Posts