Semua Anak adalah Bintang (Day 5)


Cerita Bintangku Hari Ini

Hampir setiap hari anak-anak membaca dan melihat-lihat gambar di buku (bagi yang belum bisa membaca). Proyek bagi anak-anak yang membaca buku adalah mencari bentuk asli dari gambar benda yang ada di buku. Karena buku-buku anak kebanyakan tentang hewan, tumbuhan, cuaca dan mengenai alam sekitar. 

Hari ini Fatir, Ziyad dan Zaheed membaca beberapa buku. Saat mereka bertiga membaca buku, Fatir tiba-tiba berlari keluar seperti teringat akan sesuatu. Lalu dengan suaranya yang nyaring, Fatir berteriak, “Bundaaa…lihatlah awan itu. Beda dari yang kemaren.”
Fatir mengajak bunda ke teras sambil menunjuk awan di langit. Lalu bunda bantu mendeskripsikan, awannya tipis dan melayang ringan. “Ayooo...kita lihat buku, apa nama awan tersebut”, kata bunda. Fatir membalikkan halaman buku dengan antusias. Setelah sampai di halaman yang menerangkan tentang awan, bunda menanyakan gambar manakah awan yang mirip dengan awan di langit. Fatir menunjuk satu gambar awan, dan benar… Itulah awan yang ada di langit. Bunda membacakan keterangan gambar bahwa nama awan tersebut adalah Cirrus.
Ziyad dan Zaheed yang turut mengikuti kami ke teras, ikut mendengarkan penjelasan bunda dengan seksama. Si kembar juga ikut membandingkan gambar awan di buku dengan awan di langit.
Saat di teras, Fatir juga sempat mengamati dan menanyakan pada bunda, nama bagian-bagian tumbuhan. Fatir menanyakan kenapa ada tunas, kenapa ada cabang, juga berkomentar tentang buah bulat-bulat kecil yang berubah menjadi bunga. Bunda tersenyum mendengar cara Fatir menamai Putik. Lalu bunda menjelaskan bahwa yang berbentuk bulat-bulat tersebut namanya adalah putik. Yang nantinya akan berubah menjadi bunga.
Setelah puas bermain dan mengamati sekitar rumah, kami pun beranjak masuk ke rumah. Dan mereka bertiga kembali mengambil buku. Mereka berebutan minta penjelasan mengenai buku yang mereka baca masing-masing. Kadang bunda belum selesai menjelaskan halaman yang ditanyakan Fatir, si kembar mendesak agar bunda segera menjelaskan buku yang mereka lihat. Hahaha… serunya rebutan bunda.
Kenzie dan Keisha sepulang sekolah masih betah dengan lego. Proyeknya mengembangkan kreatifitas dan imajinasi. Setelah menyusun lego, mereka bermain peran (pretend play) dan asyik aja berdua. That’s all for this day… 😍

Payakumbuh, 09 Januari 2018

Alisa G.



#Tantangan10Hari
#Level7
#KuliahBunsayIIP
#BintangKeluarga
#Day5










Comments

Popular Posts