Semua Anak adalah Bintang (Day 3)


SETIAP ANAK UNIK

“Ketika kita diberikan kepercayaan untuk membesarkan anak, maka kita berharap bahwa anak itu bisa bertumbuh menjadi anak yang luar biasa. Sebagai orangtua, kita percaya bahwa Tuhan telah menempatkan keunikan dan hadiah kekuatan kepada setiap anak. Keunikan dan kekuatan yang semakin hari bertumbuh semakin mekar sementara mereka beranjak dewasa.
Dan, di dalam usaha untuk mendorong anak-anak meraih sukses seperti yang orangtua inginkan, kebanyakan orangtua melupakan pihak yang berkepentingan: si anak sendiri. Kita lupa apa yang ia inginkan dan di mana kekuatan yang ia miliki.” (http://ributrukun.com/post/setiap-anak-istimewa-bantu-bukan-paksa-mereka-mengenali-kekuatan)

Unik...kata-kata tersebut harus disadari setiap orang tua bahwa antara anak yang satu dengan anak yang lain mempunyai keunikan tersendiri. Bahkan kembar sekalipun pasti punya perbedaan.

Kali ini Kenzie masih bergelut dengan legonya. Pagi-pagi sebelum pergi sekolah, disempatkan juga main lego yang dibuat tadi malam sebentar. Dan sepulang sekolah, lego yang dibuat tadi malam dibongkar dan disusun lagi. Ckckck… Kenzie tekun dan semangat sekali. Proyeknya untuk bisa menyusun lego tanpa melihat buku petunjuk sepertinya akan sukses kalo begini usahanya. Hehe… Lalu Kenzie juga melanjutkan dengan menyusun lego punya Fatir dan Fatir membantu untuk bagian yang mudah. Kerjasama yang baik. Bravo my boys.

Keisha sepulang sekolah membaca buku. Belum ganti baju langsung ambil buku. Setelah ganti baju, Keisha memilih untuk ikutan menyusun lego. Keisha meminjam lego Eagle Warrior punya Kenzie. Keisha ikut terbawa semangat Kenzie menyusun lego. Inilah kekuatan  Keisha… Semangat… 💪.  Dengan sedikit bantuan dari abang Kenzie dan ayah, akhirnya Keisha berhasil menyelesaikan lego kapal. 😍

Lanjut ke aktivitas Fatir, Ziyad dan Zaheed. Dimulai dengan main World Map with the Flag. Fatir mencoba meletakkan bendera sesuai dengan negaranya. Ga terlalu banyak sih, tetapi cukup untuk menambah pengetahuannya. Fatir memang suka mempelajari simbol dan inilah kekuatannya.

Lalu Fatir melanjutkan dengan membaca buku dan Fatir juga menerangkan isi buku yang dikuasainya kepada Ziyad dan Zaheed. Hehehe… udah seperti guru aja lagaknya. Ziyad dan Zaheed pun memperhatikan penjelasan Fatir tentang isi buku. Good boys…

Ziyad dan Zaheed memulai aktivitas setelah mandi dan makan pagi dengan membaca buku. Buku diletakkan di lemari kardus homemade karya bunda, yang mudah diakses anak-anak. Mereka bebas memilih buku yang mereka inginkan.

Si kembar masing-masing memilih 2 buku. Saat Zaheed membuka buku berjudul Cuaca dan Iklim yang sudah pernah bunda bacakan pada si kembar, saat tiba di halaman yang menjelaskan tentang awan, tiba-tiba Zaheed berlari kencang ke teras sambil menunjuk-nunjuk ke langit dan berkata, “Awan...awan…” , lalu Zaheed duduk di teras dan membuka bukunya disana. Bunda mengejar di belakangnya dan ikut duduk bersamanya. Ziyad dan Fatir ikut juga akhirnya membaca buku di teras. Zaheed lalu mengulang lagi menunjuk gambar awan di buku dan menunjuk awan asli di langit. MasyaAllah...bunda kagum dengan ingatannya, padahal baru sekali bunda membacakan tentang awan dan memang sebelumnya bunda menunjukkan awan aslinya juga. Ternyata Zaheed masih ingat.😘

Ziyad sekarang lagi menyukai buku berjudul Cara Pintar Menggambar Hewan Mengagumkan. Gambar-gambar hewan di buku tersebut bertekstur sehingga kelihatan hidup. Ziyad sangat suka mengulang-ulang menghafalkan nama-nama hewan di buku tersebut. Kekuatan Ziyad yaitu lebih tekun melihat-lihat isi buku. 😍


Payakumbuh, 07 Januari 2018

Alisa G.



#Tantangan10Hari
#Level7
#KuliahBunsayIIP
#BintangKeluarga
#Day3




Comments

Popular Posts