Membangun Karakter Anak Melalui Dongeng (Day 8)

Kisah
Cara Nenek Memungut Daun 

Hari ini bunda berkisah tentang Cara Nenek Memungut Daun yang bunda baca disini. Kelima anak bunda berkumpul mengelilingi bunda. Cerita bermula dengan kehidupan seorang nenek yang menjadi penjual bunga cempaka. Ia berjalan cukup jauh setiap hari ke pasar untuk berjualan dan setelah berjualan si nenek sholat di mesjid Agung lalu wirid dan lanjut dengan memungut daun-daun yang berserakan di halaman mesjid.

Si nenek memunguti daun satu per satu. Bisa dibayangkan cukup lama waktu yang dibutuhkan nenek untuk memungut semua daun sampai habis.

Banyak orang yang kasihan dan berempati pada si nenek. Dan suatu hari, takmir mesjid menyapu bersih semua daun yang berserakan sebelum si nenek datang.

Seperti biasa si nenek sholat dan saat akan memungut daun di halaman, si nenek sangat terkejut karena mendapati halaman mesjid sudah bersih. Si nenek kembali ke dalam mesjid dan menangis dengan keras. Tentu saja orang-orang heran. Si nenek berkata jikalau kasihan sama dirinya, janganlah membantunya membersihkan dedaunan. Dan akhirnya orang-orang membiarkan si nenek.

Karena penasaran, orang-orang meminta seorang kiai untuk menanyakan alasan si nenek  yang membersihkan halaman mesjid dengan memunguti daun. Dan si nenek mau menjawab dengan 2 syarat, yaitu pertama sang kiai harus menyimpan rahasianya rapat-rapat, kedua sang Kiai hanya boleh memberitahukan rahasianya saat ia sudah tiada nanti.

Dan saat cerita ini ditulis, si nenek sudah tiada. Dan tahukah kamu apa alasan si nenek? Rupanya si nenek merasa bahwa amal ibadahnya hanya sedikit. Jadi si nenek membaca sholawat setiap memungut 1 helai daun dan berharap setiap helai daun akan menjadi saksi akan bacaan sholawatnya di akhirat nanti. MasyaAllah… luar biasa sekali bukan?!

Jadi anak-anak bunda, kita harus meneladani si nenek ya. Jangan sampai kita merasa puas dengan amalan kita, berusahalah selalu untuk menambah amal baik kita. Semoga Allah,Swt menuntun kita semua untuk selalu istiqomah beramal sholeh dan selalu ikhlas ya nak. Aamiin...



Payakumbuh, 26 April 2018

AlisA


#Tantangan10Hari
#Level10
#KuliahBunsayIIP
#GrabYourImagination

Comments

Popular Posts