Membangun Karakter Anak Melalui Dongeng (Day 5)


Dongeng Dogy dan Bear


Memang benar...dongeng sangat menyenangkan bagi anak-anak, apalagi bila diceritakan menggunakan intonasi yang pas, wah tambah seru deh anak-anak mendengarkan.

Seperti rencana kemarin, hari ini bunda mau mendongeng tentang “Ucapan Tolong dan Terimakasih”. Bunda menggunakan alat peraga boneka-boneka yang ada di rumah. Ssstttt… boneka-boneka tersebut tak ada satupun bunda yang membelikan lho.  Untuk akar pohon bunda gunakan kabel listrik dengan kipas angin sebagai pohonnya huehehe... Dongeng dimulai dari cerita Pipo si anjing yang sedang berjalan di dalam hutan mencari makanan. Tiba-tiba ia terperosok ke dalam lubang yang di atasnya tertutup semak sehingga tidak kelihatan. “Aduh...tolong. Siapa saja yang berada di atas sana...Tolonglah aku”. Dogy berteriak minta tolong. Tetapi tak ada satupun yang muncul menolong. Dogy tak putus asa, ia terus meminta tolong berharap ada yang mendengar.

Tiba-tiba muncullah Bear si beruang di atas lubang. “Hai Dogy...apakah itu kamu di bawah sana?”, tanya Bear. “Iya...ini aku Dogy. Tolonglah aku Bear...aku terjatuh”, kata Dogy. “Baiklah...tunggu sebentar aku carikan akar yang panjang untuk menarikmu keluar”, kata Bear. Dan tak berapa lama, datanglah Bear menjulurkan seutas tali akar yang cukup panjang. Dogy memegang tali dengan kuat dan Bear menarik talinya ke atas. Untunglah badan Dogy kecil sehingga Bear tidak begitu kesulitan menarik Dogy ke atas.

Sampai disini bunda berhenti dulu bercerita. Bunda bertanya pada anak-anak. “Setelah Dogy ditolong sama Bear, Dogy harus bilang apa ya ke Bear? Serentak Kenzie, Keisha dan Fatir menjawab; “Bilang trimakasih…”. Benaarrr banget. Setelah ditolong orang lain, kita harus mengucapkan terimakasih ya. Dan saat meminta tolong kepada orang lain kita tidak boleh lupa menggunakan kata “Tolong” ya. Ziyad dan Zaheed yang masih 3 tahun mengangguk-angguk pertanda mulai paham. Dan satu lagi, saat kita berada di hutan, kita bisa menggunakan akar gantung dari pohon yang besar untuk disatukan menjadi tali,  contohnya pohon Beringin. Tambah lagi satu pengetahuan. Semoga anak-anak bunda semuanya menjadi anak-anak soleh soleha pintar berakhlak mulia. Aamiin…



Payakumbuh, 23 April 2018

AlisA


#Tantangan10Hari
#Level10
#KuliahBunsayIIP
#GrabYourImagination

Comments

Popular Posts