Membangun Karakter Anak Melalui Dongeng (Day 7)

Kisah Si Midun dan Ibunya


Hari ini bunda dapat ide untuk mendongeng menggunakan media boneka dari daun bunga Lidah Mertua yang banyak terdapat di sekeliling rumah.

Bunda mengajak anak-anak untuk mengambil daun bunga bersama-sama di halaman samping. Lalu mulailah bunda membuat boneka dan pernak-perniknya.

The story is begin. Di suatu desa hiduplah seorang anak lelaki berdua dengan ibunya. Anak lelaki itu bernama Midun. Dia sangat rajin dan sayang pada ibunya.

Di suatu pagi Midun sedang membantu ibunya menyapu sampah dedaunan yang berserakan di halaman. Sedangkan ibunya sibuk memasak di dapur. Midun sudah selesai menyapu halaman saat ibunya memanggil untuk makan.

“Ya bu...tunggu sebentar. Aku cuci tanganku dulu bu” , kata Midun. Setelah selesai bebersih, Midun menghampiri meja makan untuk makan bersama ibunya. “Terimakasih ya bu, atas makanan yang enak ini“ , kata Midun. “Sama-sama nak”, jawab ibunya.

Mereka berdua makan dengan lahapnya lalu setelah makan Midun membantu ibunya membereskan meja makan dengan meletakkan piring dan gelas kotor di tempat pencucian piring.
“Setelah ini Midun sholat dan belajar lagi ya”, kata ibunya. “Baik ibu”, jawab Midun. Ibu Midun bersyukur sekali kepada Allah, Swt karena telah dikaruniai anak yang sholeh dan rajin.

Keisha, Fatir, Ziyad dan Zaheed mendengarkan dengan seksama. Mereka tertawa saat melihat adegan demi adegan dari boneka, sesuai alur cerita. Setelah bunda selesai bercerita, Keisha dengan semangat melanjutkan cerita versinya sendiri sesuai khayalannya. Kreatif sekali anak gadis bunda. 😍

Setelah mendengarkan dongeng, Fatir minta dibuatkan susu coklat dan setelah menghabiskan susunya, Fatir mau menyerahkan gelasnya ke bunda. “Silahkan letakkan di meja ya nak”, kata bunda. “Bunda aja yang letakkan ya”, jawab Fatir. “Lho tadi kan udah belajar, setelah makan dan minum, langsung letakkan di tempatnya”. “Oiya ya bunda”, kata Fatir lagi. Wah...rupanya berhasil. Fatir sering tak mau meletakkan gelas susu ke tempatnya. Mudah-mudahan konsisten terus ya nak. 😍



Payakumbuh, 25 April 2018

AlisA


#Tantangan10Hari
#Level10
#KuliahBunsayIIP
#GrabYourImagination

Comments

Popular Posts