Membangun Karakter Anak Melalui Dongeng (Day 12)


Anak Burung yang Tahu Membalas Budi

Malam ini anak-anak menagih dongeng lagi sama bunda. Ga tanggung-tanggung sampai minta 3 dongeng. Wuiihhh...perlu persiapan air putih nih huehehe…

Alat peraganya adalah tangan bunda. 🙈
Ceritanya kebanyakan memakai tokoh burung. Cerita pertama tentang Anak Burung yang Tahu Membalas Budi. Bunda dapat dari sini ; http://dongengceritarakyat.com/kumpulan-contoh-cerita-hewan-singkat-indonesia-fabel/.

Alkisah hiduplah seekor burung yang tidak bisa terbang. Ia dikucilkan oleh teman-temannya. Ia sangat sedih dan hidup sendiri.

Suatu hari ia berjalan-jalan dan ia menemukan sebutir telur burung. “Oh mungkin ini terjatuh”, pikirnya. “Aku akan mengeraminya dan merawatnya seperti anakku sendiri". Ia mengeraminya dengan penuh kasih sayang sampai akhirnya menetas. Dan rupanya itu adalah anak burung Elang.

Setelah besar, anak burung Elang tersebut minta diajarkan terbang tapi induknya menyuruh belajar terbang sendiri karena induknya tak bisa terbang. Si anak burung Elang rajin belajar sendiri dan hampir bisa terbang dengan baik. Tetapi dia melihat induknya sedih saat ia berangsur pandai terbang. Akhirnya ia memutuskan untuk menemani induknya dan tidak belajar terbang lagi demi membalas budi dan karena rasa sayang pada induknya.

Bunda terharu sendiri saat bunda menanyakan pada anak-anak tentang hikmah yang bisa diambil. Bunda berkata, bila suatu saat udah besar nanti, tetap sayang sama ayah bunda yaa. “Iya, kami akan slalu sayang sama ayah bunda  saat besar nanti”. Begitulah kira-kira jawaban mereka.
Asli bunda terharu dan langsung memeluk semua anak bergantian.

Cerita dongeng yang ke 2 dan ke 3 adalah dongeng pendek. Dicukup kan dulu ya, bisa panjang banget ntar.  😀😁😆.   



Payakumbuh, 30 April 2018

AlisA


#Tantangan10Hari
#Level10
#KuliahBunsayIIP
#GrabYourImagination

Comments

Popular Posts