Membangun Karakter Anak Melalui Dongeng (Day 3)

Semua Pekerjaan Hebat


Hari ini bunda dapat ide untuk mendongeng tentang “Semua Pekerjaan Hebat”. Idenya dari  Link ini. Bunda menggunakan alat peraga boneka-boneka yang ada di rumah dengan cerita yang bunda ubah sedikit menurut versi bunda.

Kisahnya tentang Koko si beruang kecil bersama teman-teman binatang lainnya. Ada Titi si anjing yang suka tidur, ada Hely si anjing cantik, Kimbi si kumbang merah, Uli si ulat dan Ruji si kura-kura hijau.

Mereka sedang belajar di sekolah. Kegiatan mereka hari ini yaitu menceritakan tentang pekerjaan ayah mereka masing-masing di depan kelas. Bergiliran semua teman sekelas Koko maju ke depan kelas dan semangat menceritakan pekerjaan ayahnya masing-masing. Ada yang pedagang, guru, kerja kantoran, dosen dan lain-lain.

Koko yang sedari tadi nampak kurang bersemangat tiba-tiba menangis sambil menutup wajahnya dengan tangan saat tiba gilirannya untuk maju ke depan kelas. “Oh...ada apa gerangan?”, kata teman-teman Koko penuh tanya. “Aku malu…”, jawab Koko sambil menangis. Rupanya Koko malu dengan pekerjaan ayahnya yang bekerja memperbaiki barang-barang yang rusak dari rumah ke rumah.

“Koko, ayahmu hebat lho. Ayahmu telah berhasil memperbaiki lemariku sehingga menjadi cantik lagi”, kata Kimbi. “Iya, ayahmu hebat bisa memperbaiki mobil-mobilanku”, kata Ruji si kura-kura hijau. Bergantian teman-teman Koko menceritakan kehebatan ayah Koko memperbaiki barang-barang kesayangan mereka. Sekarang Koko tak menangis lagi. Koko jadi bangga punya ayah yang hebat.

Lalu bunda menerangkan hikmah dari cerita tersebut bahwa setiap pekerjaan yang halal adalah pekerjaan yang hebat. Asal kita melakukannya dengan sungguh-sungguh, jujur dan penuh kegembiraan. Kita akan mendapatkan hasil yang maksimal.

Bunda lalu menambahkan hikmah untuk Kenzie sebagai anak yang paling tua. Dalam bekerja bukanlah pintar yang utama. Yang paling utama adalag akhlak. Jujur adalah salah satu akhlak yang baik.

Dan bunda teringat sebuah cerita yang bunda lupa baca dimana. Menceritakan tentangvseorang mahasiswi Indonesia yang sangat pintar dan mendapatkan beasiswa keluar negeri. Dia lulus dengan predikat cum laude akan tetapi herannya, saat melamar pekerjaan di negara tempat dia kuliah, tak satupun perusahaan yang menerimanya. Dia mulai putus asa. Di perusahaan terakhir tempat dia ditolak, dia memberanikan diri untuk bertanya, apa alasan dia ditolak dengan nilainya yang tak ada cacat. Tubuhnya lemah lunglai saat diberitahu alasan pemecatannya, yaitu karena dia pernah tertangkap berbuat curang, saat dia mengetahui kelemahan tiket elektronik yang digunakannya untuk naik transportasi umum di negara tersebut dan memanfaatkan kepintarannya sehingga dia tidak membayar alias gratis. Pihak perusahaan manapun di negara tersebut takut menerima orang yang tidak jujur. Luar biasa efek dari suatu ketidakjujuran. Wah...dari dongeng jadi ngelantur ke cerita ini yah. Huehehe...



Payakumbuh, 21 April 2018

AlisA


#Tantangan10Hari
#Level10
#KuliahBunsayIIP
#GrabYourImagination


Comments

Popular Posts